PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TAPAK GUNUNG BERBASIS INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PENERAPAN NORMA DI MASYARAKAT UNTUK SISWA KELAS IV SDN KENARI 08

HANA NAURAH KHALILAH, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TAPAK GUNUNG BERBASIS INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PENERAPAN NORMA DI MASYARAKAT UNTUK SISWA KELAS IV SDN KENARI 08. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa permainan tapak gunung berbasis index card match dan menguji kelayakan dari produk yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Penelitian ini menggunakan 6 sampel pada tahap one-to-one, 12 sampel pada tahap small group, dan 16 sampel pada tahap field test. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Validasi produk kepada ahli dan memperoleh nilai sebesar 79% oleh ahli materi, 93% oleh ahli media, dan 98% oleh ahli bahasa. Lalu, dilakukan uji coba produk pada siswa dengan perolehan rata-rata sebesar 95%, yaitu tahap one to one sebesar 98%, tahap small group sebesar 96%, dan tahap field test sebesar 92%. Kesemua tahap berkategori sangat layak. Dengan demikian, permainan tapak gunung berbasis index card match layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV Sekolah Dasar Materi Norma di Masyarakat. ***** This research aims to produce a learning media product in the form of a hopscotch game based on index card match and test the feasibility of the product created. This research uses the research and development (RnD) method with the ADDIE model. Data collection techniques were carried out using observation, interviews, and questionnaires. This research used 6 samples at the one-to-one stage, 12 samples at the small group stage, and 16 samples at the field test stage. The data analysis techniques used are qualitative and quantitative. This research validated the product with experts and obtained an average score of 79% by material experts, 93% by media experts, and 98% by language experts. Then, trials were also carried out on students and obtained an average score of 95% for the one to one stage of 98%, the small group stage of 96%, and the field test stage of 92%. All stages are categorized as very feasible. Thus, the index card match-based hopscotch game is suitable for use as a learning medium in the Pancasila education subject in grade IV elementary school, especially in the subject of Norms in Society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Linda Zakiah, M.Pd. Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M. Pd.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24631 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:56
Last Modified: 22 Aug 2024 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50459

Actions (login required)

View Item View Item