ANALISIS IMPLEMENTASI PERMENDIKBUDRISTEK NO. 63 TAHUN 2022 TENTANG PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SULTAN HASANUDDIN JAKARTA

ANNISA OKTAFIANI, . (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PERMENDIKBUDRISTEK NO. 63 TAHUN 2022 TENTANG PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SULTAN HASANUDDIN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah yang pada dasarnya memberikan pendanaan biaya operasional non personalia pada satuan pendidikan dengan sasaran seluruh sekolah. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) no. 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOS menjelaskan bahwa tata cara penggunaan dana BOS yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pengawasan harus didasarkan pada prinsip fleksibilitas, efektivitas, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi sebagai pertanggungjawaban pengelolaan pendidikan yang baik. biaya yang ditanggung pemerintah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Permendikbudristek no. 63 Tahun 2022 tentang pengelolaan dana BOS pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sultan Hasanuddin Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kepala sekolah, bendahara dan guru sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, kemudian data disajikan, dan kemudian ditarik kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS di MI Sultan Hasanuddin Jakarta telah sesuai dengan peraturan termasuk tata cara pengelolaan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pengawasan. Kemudian telah menerapkan prinsip fleksibilitas, efektivitas, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi, namun masih belum optimal. Sebab, tidak ada peran komite sekolah. Kemudian laporan pertanggungjawaban penggunaan dana belum lengkap, dan belum terlaksananya prinsip transparansi dengan mempublikasikannya kepada semua pihak. ***** School Operational Assistance (BOS) is a government program which basically provides funding for non-personnel operating costs for educational units, targeting all schools. Regulation of the Minister of Education, Culture, Research and Technology (Permendikbudristek) no. 63 of 2022 concerning Technical Guidelines for Management of BOS Funds explains that procedures for using BOS funds consisting of planning, implementation, reporting and supervision must be based on the principles of flexibility, effectiveness, efficiency, accountability and transparency as accountability for good management of education costs to the government and public. This research aims to analyze the implementation of Permendikbudristek no. 63 of 2022 concerning the management of BOS funds at Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sultan Hasanuddin Jakarta. This study used descriptive qualitative method. Principals, treasurers and teachers as research subjects. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. The data analysis process is carried out by reducing the data, then the data is presented, and then conclusions are drawn. Meanwhile, the validity of the data uses triangulation techniques. The research results show that the management of BOS funds at MI Sultan Hasanuddin Jakarta is in accordance with regulations including management procedures consisting of planning, implementation, reporting and supervision. Then it has implemented the principles of flexibility, effectiveness, efficiency, accountability and transparency, but it is still not optimal. Because there is no role for the school committee. Then the accountability report for the use of funds is not yet complete, and the principle of transparency has not been implemented by publishing it to all parties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hafifah Nasution, S.E., M.S.Ak ; 2). Gentiga Muhammad Zairin, S.E., M.Ak., CA, CPSAK
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Ilmu Sosial > Keuangan Negara
Divisions: FE > D IV Akuntansi Sektor Publik
Depositing User: Users 25593 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:33
Last Modified: 23 Aug 2024 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50536

Actions (login required)

View Item View Item