MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA KANTOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN BIRO SUMBER DAYA MANUSIA KEMENDIKBUDRISTEK

TIKA WIDYANINGSIH, . (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA KANTOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN BIRO SUMBER DAYA MANUSIA KEMENDIKBUDRISTEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana kantor dalam meningkatkan kualitas layanan Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbudristek. Sub fokus dalam penelitian ini meliputi; perencanaan, inventarisasi, pemeliharaan, dan pemanfaatan sarana dan prasarana kantor dalam meningkatkan kualitas layanan Biro SDM Kemendikbudristek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana kantor dalam meningkatkan kualitas layanan Biro SDM Kemendikbudristek meliputi: membuat analisis kebutuhan, menyusun daftar kebutuhan, menyusun anggaran, dan mengesahkan TOR dan RAB; 2) Inventarisasi sarana dan prasarana kantor dalam meningkatkan kualitas layanan Biro SDM Kemendikbudristek meliputi: pembentukan tim inventarisasi, persiapan data inventarisasi, pelaksanaan inventarisasi, pengolahan data dan penyusunan laporan, dan penginputan data hasil inventarisasi ke aplikasi Aset Kita dan SIMAN; 3) Pemeliharaan sarana dan prasarana kantor dalam meningkatkan kualitas layanan Biro SDM Kemendikbudristek meliputi: pemeliharaan rutin, pemeliharaan preventif, pemeliharaan darurat, dan pemeliharaan korektif; 4) Pemanfaatan sarana dan prasarana kantor dalam meningkatkan kualitas layanan Biro SDM Kemendikbudristek meliputi: pegawai mengajukan permintaan sarana dan prasarana kepada Pengolah Data dan Informasi, Pengolah Data dan Informasi meminta persetujuan Kepala Subbagian Tata Usaha, Pengolah Data dan Informasi dan dibantu oleh Operator Layanan Operasional memeriksa persediaan barang yang ada di gudang penyimpanan, dan jika barang yang dibutuhkan tersedia, maka akan langsung dapat didistribusikan kepada pegawai yang mengajukan permintaan. Sementara itu, jika barang yang diajukan oleh pegawai tidak tersedia di gudang penyimpanan maka akan dilaksanakan pengadaan terlebih dahulu. Setelah pengadaan, dapat didistribusikan kepada pegawai yang mengajukan untuk dapat digunakan. ***** This research aims to describe the management of office facilities and infrastructure in improving the service quality of the Human Resources Bureau at the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology. The sub-focuses of this research include planning, inventory, maintenance, and utilization of office facilities and infrastructure in enhancing the service quality of the HR Bureau at the Ministry. This study employs a qualitative approach and descriptive method with data collection techniques through interviews, observations, and documentation studies. The findings of this research indicate that: 1) The planning of office facilities and infrastructure needs to enhance the service quality of the HR Bureau involves: conducting a needs analysis, preparing a needs list, budgeting, and approving the TOR and RAB; 2) The inventory of office facilities and infrastructure to improve the service quality of the HR Bureau includes: forming an inventory team, preparing inventory data, conducting the inventory, processing data and preparing reports, and inputting the inventory data into the Aset Kita and SIMAN applications; 3) The maintenance of office facilities and infrastructure to enhance the service quality of the HR Bureau includes: routine maintenance, preventive maintenance, emergency maintenance, and corrective maintenance; 4) The utilization of office facilities and infrastructure in improving the service quality of the HR Bureau involves: employees submitting requests for facilities and infrastructure to the Data and Information Processor, the Data and Information Processor requesting approval from the Head of the General Affairs Subdivision, the Data and Information Processor, assisted by the Operational Services Operator, checking the availability of goods in the storage warehouse, and if the requested items are available, they will be directly distributed to the requesting employees. However, if the requested items are not available in the storage warehouse, procurement will be carried out first. After procurement, the items can be distributed to the requesting employees for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd. ; 2) Dr. Evitha Soraya, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 23025 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:04
Last Modified: 26 Aug 2024 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50597

Actions (login required)

View Item View Item