IREN ZADIRA ZAHRAH, . (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (839kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (511kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Bab 5 .pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (401kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi multimedia interaktif sebagai penunjang materi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila serta dapat mengetahui validasi aplikasi tersebut di kelas IV Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Bendungan Hilir 12 Pagi sebanyak 23 orang. Jenis metode yang digunakan penelitian ini adalah metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu, menganalisis kebutuhan peserta didik dan guru, merancang produk dan menyusun instrumen, mengembangkan produk dan validasi para ahli, menguji coba kepada peserta didik dan mengevaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan produk berupa aplikasi multimedia interaktif untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Hasil uji coba pengembangan media dilakukan kepada tiga ahli yaitu, ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil uji coba tersebut kelayakan produk mendapatkan nilai rata-rata 95.7% yang dikateorikan sangat baik. Sedangkan dari uji coba kepada peserta didik yaitu, one-to-one, small group dan field test kelayakan produk mendapatkan nilai rata-rata 91.7% yang dikateorikan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajarann Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. ****** This research and development aims to produce an interactive multimedia application as supporting material for learning Pancasila Education and to find out the validation of this application in class IV elementary school. The sample in this research was 23 class IV students at SDN Bendungan Hilir 12 Pagi. The type of method used in this research is the ADDIE method which consists of five stages, namely, analyzing the needs of students and teachers, designing products and compiling instruments, developing products and validating experts, testing them on students and evaluating. The data collection techniques used were observation, interviews and questionnaires. This research produces a product in the form of an interactive multimedia application for fourth grade elementary school students. The results of media development trials were carried out with three experts, namely, media experts, material experts and language experts. Based on the test results, the product's feasibility received an average score of 95.7% which was categorized as very good. Meanwhile, from trials on students, namely, one-to-one, small group and field tests on product feasibility, they got an average score of 91.7% which was categorized as very good. This shows that this application is very suitable for use in teaching Pancasila education in elementary schools.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr Otib Satibi Hidayat, M.Pd; 2). Yofita Sari, S.Pd. M,Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 23413 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 23:46 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 23:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50628 |
Actions (login required)
View Item |