PENGARUH MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

NABILA ANISSA PUTRIE, . (2024) PENGARUH MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Lampiran-Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang bermakna menjadi hal penting dalam tercapainya tujuan standar kompetensi dan pemahaman konsep materi untuk hasil belajar yang lebih baik. Untuk menunjang pemahaman dan hasil belajar yg baik, dibutuhkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik seperti modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul elektronik berbasis multipel representasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hukum dasar kimia. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi studi mencakup seluruh peserta didik kelas X MAN 3 Jakarta Pusat tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan yaitu kelas X.1 dan X.4 dengan total 72 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Didapatkan rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 48,8 dan 66, sedangkan pada kelas kontrol berturut-turut sebesar 46,5 dan 57,6. Penelitian ini menggunakan statistik nonparametric Mann Whitney test untuk uji hipotesis. Hasil uji Mann Whitney test menghasilkan nilai sig. = 0,225 (α = 0,05) pada pretest dan sig. = 0,033 (α = 0,05) pada posttest. Dengan hasil sig. < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan modul elektronik berbasis multipel representasi terhadap hasil belajar pada materi hukum dasar kimia. Kata Kunci: Modul Elektronik, Multipel Representasi, Hasil Belajar, Hukum Dasar Kimia ***** NABILA ANISSA PUTRIE. Pengaruh Modul Elektronik Multipel Representasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Hukum Dasar Kimia. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Juni 2024 Meaningful learning is important for achieving the goals of competency standards and understanding material concepts for better learning outcomes. To support understanding and good learning outcomes, innovative and interesting learning media, such as electronic modules, are needed. This research aims to determine the effect of using electronic modules based on multiple representations on student learning outcomes in basic chemistry law material. This type of research is a quasi-experiment with a non-equivalent pretest-posttest control group design. The study population includes all students in class X MAN 3 in Central Jakarta for the 2023–2024 academic year. The samples used were classes X.1 and X.4, with a total of 72 students. The data collection method used is a multiple-choice test with 20 questions to measure student learning outcomes. It was found that the average pretest and posttest scores in the experimental class were 48.8 and 66, while in the control class they were 46.5 and 57.6, respectively. This research uses the nonparametric Mann-Whitney test statistic to test hypotheses. The results of the Mann-Whitney test produce a sig value. of 0.225 (α = 0.05) on the pretest and a sig. value of 0.033 (α = 0.05) at the posttest. With the result sig. < 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that there is a positive influence on the application of electronic modules based on multiple representations on learning outcomes in basic chemistry legal material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M.Si 2) Elsa Vera Nanda, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nabila Anissa Putrie .
Date Deposited: 08 Sep 2024 23:57
Last Modified: 08 Sep 2024 23:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50829

Actions (login required)

View Item View Item