ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA BAHASA ARAB PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITA NEGERI JAKARTA

ALFIDA FEBRIYANI, . (2022) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA BAHASA ARAB PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITA NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (610kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai jenis kesalahan penulisan kata bahasa Arab pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab angkatan 2019 Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis isi. Data ini diperoleh dari jawaban-jawaban Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester pada mata kuliah kitabah 2. Berdasarkan pada hasil analisis dari 30 jawaban mahasiswa. Jumlah kesalahan dalam penulisan kata bahasa Arab pada mahasiswa angkatan 2019 Program Studi pendidikan Bahasa Arab sebanyak 77 kesalahan (9%). Kesalahan tersebut terdiri atas: 1) 38 kesalahan dalam penulisan hamzah washal dan hamzah qoth'i sebesar 4.5%. 2) 13 kesalahan dalam penulisan hamzah al-mutatharrifah di akhir kata sebesar 1.5%. 3) 12 kesalahan dalam penulisan a/if layyinah sebesar 1.4%. 4) 9 kesalahan dalam penulisan pengurangan huruf sebesar 1%. 5) 5 kesalahan dalam penulisan hamzah a/­ mutawassithah (berada di tengah kata) sebesar 0.6%. Adapun faktor-faktor penyebab kesalahan penulisan kata bahasa Arab pada mahasiswa, antara lain : 1) ketidaktahuan batasan kaidah. 2) penerapan kaidah yang tidak lengkap. 3) kurangnya ketelitian mahasiswa dalam penulisan sehingga terjadi kesalahan ketik (tipografi). Selusi untuk mengurangi kesalahan mahasiswa adalah dengan dosen memberikan banyak latihan mengenai kaidah imla' dan mahasiswa bisa membedakan antara hamzah washal dan hamzah qoth'i. Dasen mengoreksi atau memperbaiki kesalahan penulisan pada mahasiswa, baik dari kesalahan penulisan kata bahasa Arab atau kesalahan ketik (tipografi). Mahasiswa banyak melakukan latihan menulis dan membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kaidah imla', ilmu nahwu dan ilmu sharaf. Dan mahasiswa memerhatikan tulisan dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahan ketik (tipografi). ******************************************************* This research has been carried out to gain empirical data on types of writing errors in students of the 2019 Department of Arabic Language Education at State University of Jakarta. The method used in this research is descriptive method with content analysis technique. This data was obtained from the answers to the Mid-Semester Examination and the Final Semester Examination on the course kitabah 2. Based on the results of an analysis of 30 students answers. The number of writing errors in students of the 2019 Department of Arabic Language Education was 77 errors (9%). The errors consisted of : 1) 38 errors in writing hamzah washal and hamzah qoth'i (4.5%). 2) 13 errors in writing hamzah al-mutatharrifah at the end of the word (1.5%). 3) 12 errors in writing aliflayyinah (1.4%). 4) 9 errors in writing subtraction (1%). 5) 5 errors in writing hamzah al-mutawassithah (at the middle of the word) (0.6%). The factors that cause of spelling errors in students, such as : 1) Ignorance of rule restrictions. 2) Incomplete application of rules. 3) lack of accuracy of students in writing so that there is a typo. The solution to reducing student errors is for the lecturers to give a lot of practice concerning the rules of imla' and students can differentiate between hamzah washal and hamzah qoth'i. The lecturers correct the writing errors of the students, either from writing errors or typing errors. Students do a lot of writing exercises and make simple sentences using the imla' rules, nahwu and sharaf. And students pay close attention to writing so that there are no typos.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Murodi, M.A. ; 2). Dr. Putri Zulharby, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:01
Last Modified: 02 Oct 2024 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51069

Actions (login required)

View Item View Item