CHAIRUNNISA, . (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, INOVASI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI CHAIRUNNISA-1709617077.pdf Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI CHAIRUNNISA-1709617077.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Pendidikan Kewirausahaan, Inovasi, dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik pemilihan responden menggunakan Proportional Stratified Random Sampling yang mengacu pada tabel Isaac dan Michael sehingga diperoleh populasi terjangkau sebanyak 272 mahasiswa dengan sampel berjumlah 149 mahasiswa. Responden yang diteliti dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi dan Administrasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2017. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji F dan Uji t. Berdasarkan perbandingan F-hitung dan F-tabel menggunakan tabel ANOVA, diperoleh nilai F-hitung > F-tabel = 90,209 > 2,67. Artinya, terdapat pengaruh secara bersamaan antara Pendidikan Kewirausahaan (X1), Inovasi (X2), dan Motivasi Berwirausaha (X3) Terhadap Minat Berwirausaha (Y). Hasil Uji t untuk Pendidikan Kewirausahaan t-hitung > t-tabel = 6,001 > 1,97646, Inovasi t-hitung > ttabel = 3,792 > 1,97646, dan Motivasi Berwirausaha t-hitung > t-tabel = 5,592 > 1,97646. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan Pendidikan Kewirausahaan (X1) terhadap Minat Berwirausaha (Y), terdapat pengaruh positif dan signifikan Inovasi (X2) terhadap Minat Berwirausaha (Y), terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Berwirausaha (X3) terhadap Minat Berwirausaha (Y). Analisis Koefisien Determinasi (R2 ) dengan hasil sebesar 0,651 yang bermakna 65% beriabelitas variabel Minat Berwirausaha dapat dijelaskan oleh Pendidikan Kewirausahaan, Inovasi, dan Motivasi Berwirausaha. Sedangkan sisanya 35% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. ********************************************************* This study aims to determine the effect of Entrepreneurship Education, Innovation, and Entrepreneurial Motivation on Entrepreneurial Interest in Jakarta State University Students. The method used is a survey method. The respondent selection technique uses Proportional Stratified Random Sampling which refers to Isaac and Michael's tables so that an affordable population of 272 students is obtained with a sample of 149 students. The respondents studied in this study were students of the Faculty of Economics, Department of Economics and Administration, State University of Jakarta, class of 2017. The data were collected through a questionnaire with a Likert Scale. The results showed that the hypothesis test consisting of the F test and t test. Based on the comparison of F-count and F-table using the ANOVA table, the F-count > F-table = 90,209 > 2,67. That is, there is a simultaneous relationship between Entrepreneurship Education (X1), Innovation (X2), and Entrepreneurial Motivation (X3) on Interest in Entrepreneurship (Y). T-test results for Entrepreneurship Education t-count > ttable = 6,001 > 1,97646, Innovation t-count > t-table = 3,792 > 1,97646, and Entrepreneurial Motivation t-count > t-table = 5,592 > 1,97646. This means that there is a positive and significant influence on Entrepreneurship Education (X1) on Interest in Entrepreneurship (Y), there is a positive and significant influence on Innovation (X2) on Interest in Entrepreneurship (Y), there is a positive and significant influence on Entrepreneurial Motivation (X3) on Interest in Entrepreneurship (Y) . The Analysis of the Coefficient of Determination (R2 ) with a result of 0,651, which means that 65% of the variables of Entrepreneurial Interest can be explained by Entrepreneurship Education, Innovation, and Entrepreneurial Motivation. While the remaining 35% is influenced by other variables not examined.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Dedi Purwana, E.S., M.Bus ; 2). Munawaroh, S.E., M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 22:38 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 22:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51099 |
Actions (login required)
View Item |