CYNTHIA ANANDHIA SIFA TYANA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOLASE FESYEN PADA PESERTA LOKAKARYA DARING BERSAMA PENGIKUT AKUN MEDIA SOSIAL ZERO WASTE INDONESIA SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN LIMBAH KAIN DAN PAKAIAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Pengkajian Cynthia Anandhia_2415152754.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Meningkatkan kesadaran masyarakat agar turut serta menjaga kelestarian lingkungan, dengan cara mengolah limbah kain dan pakaian menjadi sebuah karya seni dengan metode kolase fesyen. (2) Mengembangkan keterampilan dan kreativitas masyarakat, serta mengetahui bagaimana metode dan teknik yang tepat agar dapat menghasilkan sebuah karya kolase fesyen. (3) Membuat silabus dan mengembangkan efektifitas media pembelajaran dalam kegiatan lokakarya kolase fesyen bagi masyarakat yang merupakan pengikut akun media sosial Instagram @zerowaste.id_official. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, kuisioner, kepustakaan, dokumen, dan dokumentasi dari hasil karya dan penilaian hasil karya kolase fesyen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Penilaian karya kolase fesyen dengan memanfaatkan limbah kain dan pakaian dibagi menjadi 4 kategori yaitu: kategori sangat baik, baik, cukup baik, dan kurang baik. Penilaian karya dinilai berdasarkan kemampuan kreativitas dan keterampilan peserta dengan menggunakan tabel penilaian modifikasi Brent G Wilson. Terdapat 19 peserta yang mengikuti kegiatan hingga mengumpulkan hasil karya dari lokakarya tahap 1 dan 2 dengan baik, dimana pada tahap pertama terdapat 2 orang peserta yang mendapatkan nilai sangat baik (85-100) dan pada tahap keduan terdapat 2 orang peserta yang mendapatkan nilai sangat baik (85-100). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta dalam membuat karya kolase fesyen pada pengikut media sosial Instagram Zero Waste Indonesia dalam rentang usia 20-30 tahun perlu dikembangkan lebih lanjut agar dapat hasil penelitian berupa media pembelajaran interaktif dan silabus dapat diimplementasikan oleh banyak kalangan dan menjadi kegiatan lokakarya yang dapat direkomendasikan sebagai salah satu kegiatan berkesenian sebagai upaya pemanfaatan limbah kain dan pakaian. ********************************************************** This research aims to; (1) Increase public awareness to participate in preserving the environment, by processing fabric and clothing waste into a work of art using the fashion collage method. (2) Developing community skills and creativity, as well as knowing how to use the right methods and techniques in order to produce a fashion collage. (3) Creating a syllabus and developing the effectiveness of learning media in fashion collage workshop activities for people who are followers of the Instagram @zerowaste.id_official social media account. This study uses a descriptive qualitative method. Data collection techniques used are through observation, interviews, questionnaires, literature, documents, and documentation of the work and assessment of the work of fashion collage. The data analysis technique used is descriptive analysis technique. The assessment of fashion collage works by utilizing fabric and clothing waste is divided into 4 categories, namely: very good, good, quite good, and poor categories. The assessment of the work is assessed based on the creativity and skills of the participants by using a modified assessment table of Brent G Wilson. There were 19 participants who took part in the activity to collect the work from the workshop stages 1 and 2 well, where in the first stage there were 2 participants who got very good scores (85-100) and in the second stage there were 2 participants who got very good scores. (85-100). The results of the study indicate that the ability of participants to make fashion collages for Instagram Zero Waste Indonesia social media followers in the 20-30 year age range needs to be further developed so that research results in the form of interactive learning media and syllabus can be implemented by many groups and become workshop activities that can be recommended as one of the artistic activities as an effort to utilize fabric and clothing waste.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Aprina Murwanti, S.Ds, Ph.D. ; 2). Ririn Despriliani, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Kesenian > Seni Rupa, Fotografi |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 23:41 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 23:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51112 |
Actions (login required)
View Item |