FARHAN AL GIFARI, . (2022) Ökotourismus als Destination Branding am Beispiel von Kawasan Gunung Salak Endah (GSE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Bachelorarbeit-Farhan-Format UNJ baru.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kawasan Gunung Salak Endah merupakan sebuah kawasan yang berada di Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, namun kurangnya proses branding membuat kawasan ini tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan Kawasan Puncak yang sama sama berada di Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi kawasan Gunung Salak Endah sebagai destinasi ekowisata untuk meningkatkan brand awareness dan untuk mengembangkan destination branding yang sesuai dengan karateristik destinasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini dilakukan melalui observasi lapangan serta wawancara kepada para Stakeholders seperti kepala resor Gunung Salak Endah dan pengelola tempat wisata untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan. Melalui analisis SWOT,STP dan USP, ditemukan sebuah konsep Frische (Kesegaran) yang menjadi ide utama dari keseluruhan proses destination branding ini. Konsep ini menggambarkan Kawasan Gunung Salak Endah sebagai sebuah destinasi ekowisata yang memberikan ketenangan dan kedamaian bagi para wisatawan. Melalui tagline “Kembali Ke Alam”, Kawasan Gunung Salak Endah ingin mengajak para wisatawan untuk berwisata sekaligus menjaga kelestarian alam. Hasil perancangan berupa Brand Guidelines (Logo,Tagline,Graphic Elements,Font dan Color scheme) serta implementasinya pada berbagai media pendukung seperti Merchandise,Banner,Stationery set,admission ticket, signage,Website, social media Feed dan leaflet. ********************************************************** Kawasan Gunung Salak Endah is an area located in Bogor, West Java. This area has stunning natural beauty, but the lack of branding process makes this area not very popular when compared to Kawasan Puncak which is both located in Bogor, West Java. This research aims to analyze the potential of Kawasan Gunung Salak Endah as an ecotourism destination to increase brand awareness and to develop destination branding that is in accordance with the characteristics of the destination. This research uses descriptive qualitative research methods to answer the research questions. This research was conducted through field observations and interviews with stakeholders such as the head area of Kawasan Gunung Salak Endah and the operator of the tourist attractions to collect the necessary data and information. Through SWOT, STP and USP analysis, the concept of Frische (Freshness) was found to be the main idea of the entire destination branding process. This concept describes Kawasan Gunung Salak Endah as an ecotourism destination that provides tranquility and peace for tourists. Through the tagline “Kembali ke Alam” (Back to Nature), the destination wants to invite tourists to travel while preserving nature. The results of the design are in the form of Brand Guidelines (Logo, Tagline, Graphic Elements, Font and Color scheme) and its implementation on various supporting media such as Merchandise, Banners, Stationery sets, admission tickets, signage, Website, social media feeds and leaflets.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr Tatjana Thimm 2). Prof. Dr. Christian Krekeler |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 04:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51150 |
Actions (login required)
View Item |