KHAIRUNNISA HASNA, . (2022) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_KHAIRUNNISA HASNA_1709617084.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Konformitas Teman Sebaya (X1) dan Minat Belajar (X2) dengan Perilaku Menyontek (Y) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama sepuluh bulan terhitung mulai bulan Maret 2021 sampai dengan bulan Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah 326 siswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 167 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan nilai signifikansi variabel konformitas teman sebaya sebesar 0,082; nilai signifikansi variabel minat belajar sebesar 0,200; nilai signifikansi variabel perilaku menyontek sebesar 0,200. Hasil uji linearitas nilai Deviation of Linearity variabel konformitas teman sebaya sebesar 0,779 dan variabel minat belajar sebesar 0,714; (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolineartitas dan uji heterokedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance sebesar 0,921 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,086 < 10. Hasil uji heterokedastisitas untuk variabel penggunaan gadget sebesar 0,557 > 0,05 dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,812 > 0,05; (3) Uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Ŷ = 21,159 + 0,495X1 - 0,112X2; (4) Uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Hasil uji F pada tabel ANOVA yaitu F hitung sebesar 106,993 > F tabel 3,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama antara Konformitas Teman Sebaya (X1) dan Minat Belajar (X2) dengan Perilaku Menyontek (Y). Hasil uji T variabel konformitas teman sebaya sebesar 13,296 > t tabel 1,97453 dan variabel minat belajar sebesar -2,119 < t tabel -1,97453. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara Konformitas Teman Sebaya (X1) dengan Perilaku Menyontek (Y) dan hubungan negatif antara Minat Belajar (X2) dengan Perilaku Menyontek (Y). (5) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) diperoleh hasil sebesar 0,566 yang berarti variabel perilaku menyontek (Y) secara simultan atau bersama-sama adalah sebesar 56,6%, sedangkan sisanya sebesar 43,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. *********************************** This study aims to determine the effect of peer conformity (X1) and learning interest (X2) with cheating behavior (Y) on students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta. This research was conducted for ten months starting from March 2021 to January 2022. The research method used is a survey method. The affordable population in this study was 326 students. Based on Isaac and Michael's table, the number of samples in this study was 167 respondents. The sampling technique used is proportional random sampling technique. Data was collected through a questionnaire with a Likert scale. The data analysis techniques used are: (1) analysis requirements test which consists of normality test and linearity test. The results of the Kolmogorov-Smirnov normality test with a significance value of the peer conformity variable of 0.082; the significance value of the learning interest variable is 0.200; the significance value of cheating behavior variable is 0.200. The results of the linearity test of the Deviation of Linearity value for the peer conformity variable are 0.779 and the learning interest variable is 0.714; (2) Classical assumption test consisting of multicollinearity test and heteroscedasticity test. The multicollinearity test results for the Tolerance value of 0.921 > 0.1 and the VIF value of 1.086 < 10. The heteroscedasticity test results for the gadget use variable are 0.557 > 0.05 and the peer environment variable is 0.812 > 0.05; (3) Multiple linear regression test with the results of the equation = 21.159 + 0.495X1 - 0.112X2; (4) Hypothesis test consisting of F test and T test. The results of the F test in the ANOVA table are F count of 106.993 > F table 3.05. This means that there is a joint influence between Peer Conformity (X1) and Learning Interest (X2) with Cheating Behavior (Y). The results of the T-test for the peer conformity variable were 13,296 > t table 1,97453 and the learning interest variable was - 2.119 < t table -1,97453. This means that there is a positive influence between Peer Conformity (X1) and Cheating Behavior (Y) and a negative relationship between Learning Interest (X2) and Cheating Behavior (Y). (5) The result of the coefficient of determination test (R2) is 0.566, which means that the variable of cheating behavior (Y) simultaneously or together is 56.6%, while the remaining 43.4% is influenced by other variables not examined.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Roni Faslah, S.Pd, M.M ; 2). Dra.R.R Ponco Dewi Karyaningsih, M M. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 05:31 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 05:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51173 |
Actions (login required)
View Item |