MODEL MEDIA VLOG PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KALAM (Penelitian Pengembangan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ)

MUHAMMAD EEP SAIFUL HAQ, . (2022) MODEL MEDIA VLOG PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KALAM (Penelitian Pengembangan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI WATERMARK SAIFUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media Vlog (Video Bloging) pada pembelajaran keterampilan Kalam di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang inovatif, interaktif serta meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan Model ADDIE (Analyze, Desig, Development, Implement and Evaluate). Ada lima langkah yang dilakukan yaitu : (1) Analisis kebutuhan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta terhadap media Vlog dalam pembelajaran keterampilan Kalam, (2) Medesain produk melalui penilaian ahli materi dan ahli media, (3) Mengembangkan produk, (4) Implementasi produk secara langsung kepada mahasiswa, (5) Mengevaluasi produk melalui angket yang diberikan kepada 20 mahasiswa kelas C angkatan 2020 Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Berdasarkan hasil data yang diperoleh: Hasil analisis kebutuhan terhadap 22 mahasiswa semester empat di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta, dimana 21 mahasiswa (95,5%) menyatakan membutuhkan media Vlog pada pembelajaran Kalam. Berdasarkan hasil angket dari ahli materi diperoleh 98% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dan ahli media 80% yang termasuk kategori “Layak”. Dengan demikian media Vlog dalam pembelajaran Kalam laya untuk digunakan sebagai media pembelajaran Kalam. ******************************************************** This study aims to develop vlog (Video Bloging) media products on learning Kalam skills in the Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta. This research was conducted to create an innovative, interactive learning atmosphere and increase student learning motivation. The method used in this study is the Research and Development (R&D) method with the ADDIE Model (Analyze, Desig, Development, Implement and Evaluate). There are five steps taken, namely: (1) Analysis of the needs of Students of the Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta for Vlog media in learning Kalam skills, (2) Designing products through assessment of material experts and media experts, (3) Developing products, (4) Implementing products directly to students, (5) Evaluating products through questionnaires given to 20 class C students of the class of 2020 Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta. Based on the results of the data obtained: The results of the needs analysis of 22 fourth semester students in the Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta, where 21 students (95.5%) stated that they needed Vlog media in Kalam learning. Based on the results of the questionnaire from material experts obtained 98% who are included in the category "Very Feasible" and media experts 80% who belong to the category "Feasible". Thus the Vlog media in Kalam learning is used as a learning medium for Kalam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Kamal, M.A. ; 2). Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2024 00:47
Last Modified: 04 Oct 2024 00:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51210

Actions (login required)

View Item View Item