MUAMMAR, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PERBAIKAN PERALATAN LISTRIK KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK BERBASIS WEB DI SMK MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_MUAMMAR_5115165294-2.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui kelayakan modul dan media pembelajaran dalam mata pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik sebagai media penunjang pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Jakarta dengan jumlah sampel 22 peserta didik menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis web. 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran berbasis web. 3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran berbasis web. Hasil dari penelitian dengan model pengembangan Sugiyono ini menunjukkan: 1) Menghasilkan modul dan media pembelajaran berbasis web dalam mata pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik yang telah memenuhi kriteria sangat layak. 2) Penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai persentase sebesar 90% (Sangat Layak); sedangkan penilaian ahli media pembelajaran mendapat nilai persentase sebesar 82,5% (Sangat Layak). 3) Uji coba pemakaian produk untuk mendapatkan hasil persentase kelayakan produk memperoleh nilai persentase sebesar 86% (Sangat Layak) dan menghasilkan nilai dari pengujian berupa pre-test dan post-test sebagai berikut: Hasil penilaian kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Muhammadiyah 1 Jakarta, memperoleh nilai pada rata-rata pre-test sebesar 50 dan rata-rata post-test sebesar 79 sehingga rata-rata pre-test < rata-rata post-test dengan demikian masuk kedalam kategori efektif. Kesimpulan nya adalah media pembelajaran hasil pengembangan dapat direkomendasikan untuk mengajar mata pelajaran perbaikan peralatan listrik kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik. ******************************** This research and development’s purpose is to identify the feasibility of the module and the learning media for the Electrical Equipment Refinement subject. This research was conducted in Muhammadiyah 1 Jakarta Vocational High School with the sample of 22 students using Research and Development (R&D) with the Sugiyono development model. The problems raised in this research are: 1) How to develop web-based learning media. 2) How is the feasibility of web-based learning media. 3) How is the effectiveness of web-based learning media. The results of the research with the Sugiyono development model show: 1) Produce web-based learning modules and media in Electrical Equipment Refinement subjects that have met the very feasible criteria. 2) The score percentage given from the subject material expert was 90% (very feasible); while the assessment score percentage given from the learning media expert was 82,5% (very feasible). 3) the product usage testing that was done in order to obtain the percentage score of the product feasibility resulted a score of 86% (very feasible) with the score from the tests in the form of pre-test and post-test are as following: The assessment result of the 12th grader students of Electrical Power Installation Engineering of Muhammadiyah 1 Jakarta Vocational High School, obtained an overall score of 50 from the average pre-test and 79 from the average post-test so that the pre-test average < post-test average thus falls into the effective category. The conclusion is that the learning media developed can be recommended for teaching electrical equipment repair subjects for class XII Electrical Power Installation Engineering.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Irzan Zakir, M. Pd ; 2). Mochammad Djaohar, ST., M.Sc |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 01:07 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51214 |
Actions (login required)
View Item |