PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN BUSINESS CREATIVE INDUSTRY UNIVERSITAS KALBIS

NANINE IVANA HERMISYA, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA JURUSAN BUSINESS CREATIVE INDUSTRY UNIVERSITAS KALBIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
10. SKRIPSI FULL_Nanine Ivana Hermisya (1709617086).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan motivasi terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa angkatan 2017-2018 jurusan business creative industry universitas kalbis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 127 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode survei. Peneliti menggunakan 3 variabel, Minat Berwirausaha (Y), Penggunaan Media Sosial (X1) dan Motivasi (X2) Teknik analisis data yang digunakan adalah yang pertama Normalitas dan Uji Linearitas. Untuk hasil dari uji normalitas didapatkan nilai Minat berwirausaha (Y) sebesar 0,133. Penggunaan Media Sosial (X1) 0200, dan Motivasi (X2) 0.129. untuk uji linearity Deviation From Linearity menunjukan angka 0,164 pada pengujian X1 terhadap Y, sedangkan untuk pengujian X2 terhadap Y sebesar 0,56. Kedua, Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari Uji Multikolinearitas dan Uji Heteroskedastisitas. Uji Multikolinearitas (p-value tolerance > 0,1; p-value VIF < 10) mendapatkan untuk nilai tolerance untuk X1,X2 sebesar 0,360, 0,360, sedangkan untuk nilai VIF X1, X2 sebesar 2,776, 2,776. Hasil Uji Heteroskedastisitas Spearmans’ Rho (p-value > 0,05) memperoleh nilai X1, X2 sebesar 0,326, 0,461. Ketiga uji regresi berganda dengan persamaan Y = 0,246 + 0,220 X1 + 0,690 X2. Keempat, Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji F dan Uji t. untuk Uji F memporoleh nilai sebesar F-hitung 169,135 > F-tabel 3,07. Untuk uji T memperoleh nilai sebesar T-hitung 2,687 > T-tabel 1,97928. Kelima, Analisis Koefisien Determinasi (R2 ) memperoleh nilai R2 sebesar 0,732 yang menunjukkan variable independen mampu menjelaskan variable dependen secara stimulant sebesar 73% sedangkan sisanya 26,8% dijelaskan variable lain diluar model penelitian. **************************** The aim of this study is to determine the effect of use of social media and motivation to interest in entrepreneurship. This research was conducted on 2017-2018 students majoring in business creative industry, University of Kalbis. This study requires a sample of 127 students. The method used is a survey method. Data were collected through a questionnaire with a Likert Scale. Researchers used 3 variables, Interest in Entrepreneurship (Y), Use of Social Media (X1) and Motivation (X2) The data analysis technique used was the first Normality and Linearity Test. For the results of the normality test, the values obtained are Entrepreneurial Interest (Y) 0.133, Use of Social Media (X1) 0200, and Motivation (X2) 0.129. for the linearity test Deviation From Linearity shows the number 0.164 in the X1 test against Y, while for the X2 test against Y it is 0.56. Second, Classical Assumption Test which consists of Multicollinearity Test and Heteroscedasticity Test. Multicollinearity test (p-value tolerance > 0.1; pvalue VIF < 10) obtained for the tolerance value for X1, X2 of 0.360, 0.360, while for the VIF value of X1, X2 of 2.776, 2.776. Spearmans' Rho Heteroscedasticity Test Results (p-value > 0.05) obtained X1, X2 values of 0.326, 0.461. The three multiple regression tests with the equation Y = 0246 + 0.220 X1 + 0.690 X2. Fourth, the hypothesis test which consists of the F test and t test. for the F test, the value of F-count is 169.135 > F-table 3.07. For the T-test, the value of T-count is 2.687 > T-table 1.97928. Fifth, the Coefficient of Determination Analysis (R2) obtained an R2 value of 0.732 which indicates the independent variable is able to explain the dependent variable stimulantly at 73% while the remaining 26.8% is explained by other variables outside the research model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dedi Purwana, M.Bus ; 2). Munawaroh, S.E, M.Si.
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 04 Oct 2024 04:21
Last Modified: 04 Oct 2024 04:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51232

Actions (login required)

View Item View Item