SUAININGSIH, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLY DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB (PENELITIAN PENGEMBANGAN BAGI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 6 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI SUAININGSIH PASCA SIDANG.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Monopoly pembelajaran keterampilan berbicara sebagai media pembelajaran keterampilan berbicara bagi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Media ini terdiri dari 3 judul dari materi pada buku bahasa arab SMA Muhammadiyah 6 Jakarta, yaitu : Kitab Allah, Di Bandara, Perkenalan. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Reisser & Mollenda dengan rumus ADDIE yang terdiri dari : analisis, desain produk, pengembangan produk, uji coba produk dan evaluasi produk. Pada tahap analisis kebutuhan, peneliti membagikan angket kepada 35 siswa kelas X SMK Muhammadiyah 6 Jakarta dan 34 diantaranya (97,1%) mengatakan bahwa mereka membutuhkan media permainan Monopoly untuk menghafal kosakata bahasa Arab. Pada tahap Desain produk merancang bagaimana bentuk media Monopoly. Pada tahap pengembangan yaitu proses mengembangkan media Monopoly menggunakan aplikasi Canva. Pada tahap implementasi (uji coba) peneliti melakukan pengujian kelayakan media permainan Monopoly dalam menghafal kosakata bahasa Arab. Pada tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada 35 siswa kelas X SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Pada penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian dari ahli materi dan ahli media pembelajaran Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada ahli materi, diperoleh rerata presentase skor 100 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan dari ahli media diperoleh rerata skor 88,3% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan evaluasi dari siswa diperoleh rerata skor 90,7% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media Monopoly pembelajaran keterampilan menghafal kosakata bahasa Arab layak untuk digunakan siswa sebagai media pembelajaran dalam mempelajari keterampilan menghafal kosakata bahasa Arab. *********************************************************** This study aims to develop a Monopoly medium for learning speaking skills as a medium for learning speaking skills for class X students of SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. This media consists of 3 titles from the material in the Arabic language book of SMA Muhammadiyah 6 Jakarta, namely: The Book of Allah, At the Airport, Introduction. Researcher used a development research method with a model Reisser and Mollenda with the ADDIE formula consisting of: product analysis, product design, product development, product testing and product evaluation. At the needs analysis stage, the researcher distributed questionnaires to 35 students of class X SMK Muhammadiyah 6 Jakarta and 34 of them (97.1%) said that they needed Monopoly game media to memorize Arabic vocabulary. At the product design stage, designing how the Monopoly media will form. The development stage is the process of developing Monopoly media using the Canva application. At the implementation stage (trial) the researcher tested the feasibility of Monopoly game media in memorizing Arabic vocabulary. In the evaluation stage, the researcher evaluates the product based on the results of a questionnaire given to 35 students of class X SMK Muhammadiyah 6 JakartaBased on the results of the questionnaire distributed to media experts, the average percentage score of 100 which is included in the Very Eligible category and from the media experts obtained an average score of 88.3% which is included in the Very Eligible category and the evaluation of students obtained an average score of 90.7% which included in the Very Eligible category. Thus, the Monopoly media for learning Arabic vocabulary memorization skills is feasible for students to use as learning media in learning Arabic vocabulary memorization skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Oct 2024 23:58 |
Last Modified: | 06 Oct 2024 23:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51288 |
Actions (login required)
View Item |