PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DI MEDIASI OLEH EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SHYNDY SYAPUTRI, . (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DI MEDIASI OLEH EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Full_Shyndy Syaputri_BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha yang dimediasi oleh efikasi diri pada mahasiswa Unversitas Negeri Jakarta angkatan 2018. Metode penelitian yang digunakan ialah metode survei dengan populasi sebanyak 269 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 161 responden dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan model analisis jalur dan teknik analisis menggunakan SEM (structural Equation Modeling) yang di operasikan dengan program SmartPLS versi 3.0. teknik analisis yang dilakukan pada PLS dibagi menjadi 3 tahapan yaitu analisis outer model, analisis inner model, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan ialah 1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap intensi beriwirausaha dengan nilai original sample sebesar 0,402, t-statistics 4,348 > 1,97, dan p-values 0,000 < 0,05; 2) pendidikan kewirausahaan berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap efikasi diri dengan nilai original samplei sebesar 0,910, t-statistics 54,502 > 1,97, dan p-values 0,000 < 0,05; 3) efikasi diri berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha dengan nilai original sample sebesar 0,549, t-statistics 5,990 > 1,97, dan p-values 0,000 < 0,05; 4) efikasi diri memediasi secara positif dan signifkan pengaruh tidak langsung pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha dengan nilai original sample sebesar 0,499, t-statistics 5,864 > 1,97, dan p-values 0,000 < 0,05 ******************************************** This purpose of this study is to explain the effect of entrepreneurship education to entrepreneurial intention mediated by self-efficacy of student on Universitas Negeri Jakarta 2018. The research method used is a survey method with an population of 269 students. The sample in this study was determined using the formula Slovin as many as 161 respondents with a sampling technique using purposive sampling. This study uses a path analysis model and analysis techniques using SEM (Structural Equation Modeling) which is operated with the SmartPLS version 3.0 program. The analysis technique carried out in PLS is divided into 3 stages, namely outer model analysis, analysis inner model, and hypothesis testing. The results obtained are 1) entrepreneurship education has a positive and significant direct effect on entrepreneurial intentions with the value original sample of 0.402, t-statistics 4.348 > 1.97, and p-values 0.000 <0.05; 2) entrepreneurship education has a positive and significant direct effect on self-efficacy with the value original sample of 0.910, tstatistics 54.502 > 1.97, and p-values 0.000 <0.05; 3) self-efficacy has a positive and significant direct effect on entrepreneurial intentions with the value original sample of 0.549, t-statistics 5.990 > 1.97, and p-values 0.000 <0.05; 4) self-efficacy mediates positively and significantly the indirect effect of entrepreneurship education on entrepreneurial intentions with the value original sample of 0.499, t-statistics 5.864 > 1.97, and p-values 0.000 <0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus ; 2). Dr. Osly Usman M.Bus Mgt., M.Bus Syst
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 07 Oct 2024 00:41
Last Modified: 07 Oct 2024 00:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51302

Actions (login required)

View Item View Item