PENGARUH STRATEGI MARKETING DAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS SHOPEEPAY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DKI JAKARTA

SOFI WINDIARTI, . (2022) PENGARUH STRATEGI MARKETING DAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS SHOPEEPAY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SOFI WINDIARTI FULL PDF- 1701618039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta dipengaruhi oleh 2 variabel yang sudah diteliti oleh peneliti yaitu variabel strategi marketing (x1) dan payment gateway berbasis shopeepay berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y) maka tingkat inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi marketing (x1) dan payment gateway berbasis shopeepay terhadap inklusi keuangan (y1) pengguna aplikasi shopee di DKI Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan data primer yang secara langsung hasil kuesioner atau survei dari responden dengan populasi yang tidak diketahui dan peneliti mengambil 260 sampel yaitu pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta yang selalu atau pernah menggunakan shopeepay sebagai metode pembayaran ketika belanja online. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing (x1) berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y) maka tingkat inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta akan meningkat serta pada variabel payment gateway berbasis shopeepay (x2) juga berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan analisis yang telah dilakukan dengan adanya strategi marketing yang baik yang dilakukan oleh aplikasi shopee tersebut dapat meningkatkan inklusi keuangan. Bagi mahasiswa dapat menerapkan implikasi strategi marketing yang dilakukan oleh aplikasi shopee saat dirinya ingin berbisnis atau berwirausaha. Namun dari sisi negatifnya, dengan adanya pengaruh strategi marketing ini dapat membuat sesorang menjadi lebih impulse buying dan konsumtif. ********************************************** Inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta dipengaruhi oleh 2 variabel yang sudah diteliti oleh peneliti yaitu variabel strategi marketing (x1) dan payment gateway berbasis shopeepay berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y) maka tingkat inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi marketing (x1) dan payment gateway berbasis shopeepay terhadap inklusi keuangan (y1) pengguna aplikasi shopee di DKI Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan data primer yang secara langsung hasil kuesioner atau survei dari responden dengan populasi yang tidak diketahui dan peneliti mengambil 260 sampel yaitu pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta yang selalu atau pernah menggunakan shopeepay sebagai metode pembayaran ketika belanja online. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing (x1) berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y) maka tingkat inklusi keuangan pengguna aplikasi shopee yang ada di DKI Jakarta akan meningkat serta pada variabel payment gateway berbasis shopeepay (x2) juga berpengaruh positif signifikan terhadap inklusi keuangan (y). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan analisis yang telah dilakukan dengan adanya strategi marketing yang baik yang dilakukan oleh aplikasi shopee tersebut dapat meningkatkan inklusi keuangan. Bagi mahasiswa dapat menerapkan implikasi strategi marketing yang dilakukan oleh aplikasi shopee saat dirinya ingin berbisnis atau berwirausaha. Namun dari sisi negatifnya, dengan adanya pengaruh strategi marketing ini dapat membuat sesorang menjadi lebih impulse buying dan konsumtif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Harya Kuncara Wiralaga, M.Si ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 07 Oct 2024 00:57
Last Modified: 07 Oct 2024 00:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51306

Actions (login required)

View Item View Item