YOUMI AYU PRIMA SIHALOHO, . (2022) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TARI DENGAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SECARA DARING (PTK Pada Kelas VII-A SMP N 2 di Simanindo Samosir, 2022). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (552kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
Abstract
Motivasi belajar adalah suatu dorongan untuk menggerakkan, mengarahkan, dan menjaga tingkah laku seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu ketika belajar sampai mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mendeskripsikan proses penerapan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar tari pada kelas VII-A di SMP N 2 Simanindo, Samosir secara daring. 2). Meningkatkan motivasi belajar tari pada kelas VII-A di SMP N 2 Simanindo, Samosir melalui media audio visual secara daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian tindakan Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan wawancara dengan menggunakan teknik analisis data deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 18 orang siswa kelas VII A pada salah satu Sekolah Menengah Pertama di Samosir. Hasil dari penelitian ada peningkatan motivasi belajar pada siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada data yang diperoleh. Pada pra siklus yang dilakukan, persentasi motivasi belajar siswa sebesar 43,19 %, pada siklus I persentasi motivasi belajar siswa 53,44 % pada aspek kemauan siswa dan ketertarikan siswa dalam belajar dan pada siklus II persentasi motivasi belajar 70,00 % keaktifan siswa, tanggung jawab dan pencapaian siswa dalam memahami materi. Adanya penelitian selanjutnya yang ingin peneliti lanjutkan adalah menciptakan pembelajaran yang lebih bervariasi dengan media pembelajaran yang bervariasi agar pembelajaran yang diterima siswa lebih menarik. *********************************************************** Learning motivation is an urge to move, direct, and maintain a person's behavior to act and do something when learning to achieve learning goals. The purpose of this research is to 1). Describe the process of applying audio-visual media to increase motivation to learn dance in class VII-A at SMP N 2 Simanindo, Samosir online. 2). Increasing motivation to learn dance in class VII-A at SMP N 2 Simanindo, Samosir through online audio-visual media. This research uses classroom action research method using Kurt Lewin's action research design. Data collection techniques in this study were in the form of questionnaires and interviews using qualitative and quantitative descriptive data analysis techniques. The study was conducted on 18 students of class VII A at one of the junior high schools in Samosir. The results of the study there is an increase in students' learning motivation. This can be seen in the data obtained. In the pre-cycle, the percentage of student learning motivation was 43.19%, in the first cycle the percentage of student learning motivation was 53.44% in the aspect of student willingness and student interest in learning and in the second cycle the percentage of learning motivation was 70.00% student activity, responsibility and student achievement in understanding the material. The existence of further research that researchers want to continue is to create more varied learning with varied learning media so that the learning received by students is more interesting.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Dra. Nursilah, M.Si. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51324 |
Actions (login required)
View Item |