ANGGA ILHAM RIVALDI, . (2022) BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI KOMUNITAS BELAJAR SEJAHTERAKAN INDONESIA (KBSI) CHAPTER MANGGARAI, JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (196kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (189kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (159kB) |
|
Text
5. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (274kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (288kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (481kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (205kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat aktivitas bimbingan belajar dan implikasi model pembelajaran tematik di Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia (KBSI) chapter Manggarai. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah pengelola, pendidik dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pelaksanaan bimbingan belajar yang dilakukan di Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia (KBSI) chapter Manggarai telah mencakup komponen-komponen dalam pembelajaran dan prinsip-prinsip pada pembelajaran. (2) Implikasi atau keterkaitan model pembelajaran tematik menunjukan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh pendidik di KBSI chapter Manggarai dalam menerapkan model pembelajaran tematik secara konseptual sudah mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran, tetapi secara praktikal butuh penyesuaian cara mengimplementasikan materi pembelajaran yang baik dengan para pendidik lainnya, model pembelajaran tematik yang diterapkan dapat meningkatkan antusias belajar bagi peserta didik karena pelaksanaan pembelajarannya lebih menyenangkan dan materinya mudah dipahami, ketersediaan buku ajar atau bahan ajar dalam penerapan model pembelajaran tematik di KBSI chapter Manggarai cukup memadai, dan fasilitas yang tersedia untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran tematik yang terintegritas masih terbatas, hanya papan tulis, meja belajar, buku-buku bacaan dan alat tulis. ************************************** The purpose of this research is to look at tutoring activities and the implications of thematic learning models in the Manggarai chapter of the Indonesian Prosperous Learning Community (KBSI). This research is a qualitative research with descriptive method. The subjects in this study were managers, educators and students. Data collection was carried out using interview, observation and documentation methods. The data analysis technique used is data reduction, data presentation and conclusion drawing. Checking the validity of the data using Triangulation. The results showed that; (1) The implementation of tutoring conducted in the Indonesian Prosperous Learning Community (KBSI) chapter Manggarai has included components in learning and principles in learning. (2) The implications or linkages of the thematic learning model show that the competencies possessed by educators in the Manggarai KBSI chapter in applying the thematic learning model conceptually already support the implementation of learning, but in practice it requires adjustments to how to implement good learning materials with other educators, models The thematic learning applied can increase the enthusiasm of learning for students because the implementation of learning is more fun and the material is easy to understand, the availability of textbooks or teaching materials in the application of the thematic learning model in the KBSI Manggarai chapter is adequate, and the facilities available to support the implementation of the thematic learning model are adequate integrity is still limited, only blackboards, study desks, reading books and writing utensils.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Henny Herawati BR.D, M.Pd ; 2). Adi Irvansyah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 00:51 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 01:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51377 |
Actions (login required)
View Item |