APRIYANSYAH YUSUF, . (2022) ADAPTASI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus : Lembaga Bimbingan Belajar Salemba Group Cibubur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_APRIYANSYAH YUSUF_4825164359.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keadaan Bimbel SG Cibubur sebelum dan pada saat situasi Pandemi Covid-19, mengetahui adaptasi yang dilakukan oleh Bimbel SG Cibubur, serta mengetahui respon yang terjadi pada manajemen dan karyawan dengan adanya adaptasi baru di masa Pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 3 orang sebagai informan kunci yaitu, kepala cabang, customer service office, dan operasional. 2 orang sebagai informan utama yaitu tentor SG Cibubur. 2 Orang sebagai informan yang dibutuhkan untuk triangulasi data yaitu orang tua dan siswa. Wawancara dilakukan secara langsung sejak bulan Juni – Agustus 2021. Hasil penelitian ini berupa adaptasi yang dilakukan oleh Bimbel SG Cibubur, maupun subjek penelitian yang juga terlibat dalam adaptasi di masa Pandemi Covid-19. Adaptasi yang dilakukan berkaitan dengan pembelajaran offline yang diubah menjadi online. Lebih dalam lagi, dalam penelitian adaptasi Bimbel SG Cibubur, peneliti menganalisis hasil temuan dengan Teori Struktural Fungsional Talcott Parson dengan pendekatan AGIL. Ditemukan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh bimbel terlihat dalam indikator Adaptation sehingga dapat tercapainya keteraturan sosial dengan segala adaptasi di masa Pandemi Covid-19. ************************************************************ The aims of this study is to describe the situation in Tutoring Salemba Group Cibubur during the Covid-19 pandemic era, take up how Tutoring SG cibubur’s adaptation, also to know the responses from management and employees with the new adaptations during the Covid-19 pandemic era. In this study, researcher use qualitative approach with study case method. The data collected with a deep interview, observation, and documentation. Subject of this study are 3 people as a key source person that are head of branch, customer service office, and operational. Also 2 people as main source person that are the tutor and 2 people as a source person that are needed to data triangulation, students and their parents. Interviews were conducted from June – August 2021. The results of this study is adaptation of Tutoring SG, also study’s subject that also relate with offline learning that are transform to online learning. Furthermore, this study analyzed the results with Talcott Parson’s Structural Functional Theory with AGIL approach. This study finds that the adaptation of Tutoring SG seen in adaptation indicators, so that social order is created with all forms of adaptation during Covid-19 pandemic era.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Meila Riskia Fitri, S.Pd., M.A. ; 2). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil., M.Hum. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:19 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51402 |
Actions (login required)
View Item |