MAKNA PENDIDIKAN TINGGI BAGI KELUARGA PETANI PEDESAAN (Studi Kasus Lima Keluarga Petani di Desa Bantar Panjang, Kabupaten Serang, Banten)

ARDIYAT, . (2022) MAKNA PENDIDIKAN TINGGI BAGI KELUARGA PETANI PEDESAAN (Studi Kasus Lima Keluarga Petani di Desa Bantar Panjang, Kabupaten Serang, Banten). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FIX - SKRIPSI - Makna Pendidikan Tinggi Bagi Keluarga Petani Pedesaan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini memiliki tiga tujuan penting, yaitu pertama, untuk mendeskripsikan bagaiamana lima keluarga petani Desa Bantar Panjang mengkonstruksi makna Pendidikan Tinggi dalam keluarga. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi keluarga petani dalam menempuh Pendidikan Tinggi. Ketiga, untuk menjelaskan bagaimana bentuk implikasi dari praktik Pendidikan Tinggi bagi keluarga petani di dalam kehidupan sosial di Desa Bantar Panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode studi kasus. Guna medeskripsikan makna pendidikan tinggi pada kelima keluarga petani, peneliti menggunakan konsep interaksionalisme simbolik mind, self, and society dari George H. Mead. Lokasi bertempat di Desa Bantar Panjang. Penelitian ini dilakuakan dari Maret hingga Juni 2022. Subjek penelitian ini berjumlah 5 keluarga sebagai informan utama dalam penelitian. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu kajian literatur, observasi, wawancara mendalam dan yang terakhir dibantu menggunakan teknik triangulasi data guna mengkroscek data yang telah diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lima keluarga petani di Desa Bantar Panjang memiliki konstruksi makna yang baik terhadap pendidikan tinggi. Dengan data yang menunjukan bahwa kelima keluarga petani dapat mengakses pendidikan tinggi bagi anak-anaknya. Kelima keluarga petani memaknai pendidikan tinggi sebagai hal yang sangat penting, karena melalui pendidikan tinggi, kelima keluarga petani mendapatkan kenaikan status sosial di dalam masyarakat. Mempunyai anak-anak yang memiliki profesi yang aman dan stabil, menaikan status ekonomi keluarga, dan mendapat penghargaan lebih dari lingkungan sekitar. ********************************************************* In general, this study has three important objectives, the first, to describe how five farming families in Bantar Panjang Village construct the meaning of Higher Education in the family. Second, to describe what factors influence farmer families in pursuing higher education. Third, to explain how the implications of higher education practices for farming families in social life in Bantar Panjang Village are. This research used a qualitative approach with a case study method. In order to describe the meaning of higher education in the five farming families, the researchers used the concept of symbolic interactionalism of mind, self, and society from George H. Mead. The location is in Bantar Panjang Village. This research was conducted from March to June 2022. The subjects of this study consisted of 5 families as the main informants in the study. The research data was obtained by using several data collection techniques, namely literature review, observation, in-depth interviews and the last one was assisted by using data triangulation techniques to check the data that had been obtained. The results of this study indicate that five farming families in Bantar Panjang Village have good meaning constructions for higher education. With data showed that five farmer families can access higher education for their children. The five farmer families interpret higher education as very important, because through higher education, the five farmer families got an increase social status in society. The children have a safe and stable profession, raise the economic status of the family and get more rewards for the surrounding environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Siswanto, M.Si. ; 2). Suyuti, S.Pd.I., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:39
Last Modified: 08 Oct 2024 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51404

Actions (login required)

View Item View Item