PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 36 JAKARTA

ARI WIDODO, . (2022) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 36 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI (FIX)_Ari Widodo_1405618026_Pendidikan Sosiologi B 2018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui pengaruh serta secara simultan dan parsial antara status sosial ekonomi orang tua di masa pandemi Covid- 19 dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 36 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel status sosial ekonomi orang tua (X1) dan motivasi belajar peserta didik (X2) sebagai variabel bebas/independen (variabel X) dan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat/dependen (variabel Y). Proses penghimpunan dan analisis data, serta penulisan skripsi dimulai sejak bulan Oktober 2021 hingga Maret 2022. Subjek penelitian ini terdiri dari 110 responden dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dari populasi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 36 Jakarta tahun ajaran 2021/2022. Penghimpunan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang berisi 67 butir soal via google form. Proses mengolah dan menganalisis data, menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji regresi linier berganda adalah Y = 80,392 + 0,150 + (-0,24). Selain itu, hasil analisis regresi parsial dengan uji t menunjukkan bahwa variabel X1 terhadap Y memiliki nilai t hitung sebesar 4,124 > t tabel (1,98) yang berarti memiliki pengaruh parsial, sedangkan variabel X2 terhadap Y memiliki nilai t hitung sebesar -1,510 < t tabel (1,98) tidak memiliki pengaruh parsial. Hasil uji F (simultan) memiliki nilai F hitung sebesar 9,924 > F tabel (3,08) dapat disimpulkan bahwa variabel X1 dan X2 berpengaruh simultan terhadap variabel Y. Dengan demikian hasil uji R Square (R2) variabel status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 16,1% , sisanya (83,9%) dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain di luar penelitian ini. ********************************************************** This study aims to measure and determine the effect and simultaneously and partially between the socioeconomic status of parents during the Covid-19 pandemic and students' learning motivation on the learning outcomes of students in class XI IPS SMA Negeri 36 Jakarta. This study uses a quantitative approach with a survey method. The variables used in this study were parents' socioeconomic status variables (X1) and students' learning motivation (X2) as independent/independent variables (X variables) and student learning outcomes as dependent/dependent variables (Y variables). The process of collecting and analyzing data, as well as writing a thesis starts from October 2021 to March 2022. The subjects of this study consisted of 110 respondents with purposive sampling technique from the population of students in class XI IPS SMA Negeri 36 Jakarta in the academic year 2021/2022. Data collection was carried out using an online questionnaire containing 67 questions via google form. Process of processing and analyzing data, using Microsoft Excel and SPSS 25 applications. The results showed that the value of multiple linear regression test is Y = 80.392 + 0.150 + (-0.24). In addition, the results of the partial regression analysis with the t test show that the X1 variable against Y has a t count value of 4.124 > t table (1.98) which means it has a partial effect, while the X2 variable on Y has a t count value of -1.510 < t table (1.98) has no partial effect. The results of the F test (simultaneous) have a calculated F value of 9.924 > F table (3.08) it can be concluded that the variables X1 and X2 have a simultaneous effect on the Y variable. learning on learning outcomes of 16.1%, the rest (83.9%) is influenced by other variables or factors outside this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM., M.Si. ; 2). Suyuti, S.Pd.I., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:04
Last Modified: 08 Oct 2024 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51408

Actions (login required)

View Item View Item