PENGARUH BERMAIN BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

DINDA AYU PRATIWI, . (2022) PENGARUH BERMAIN BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DINDA_SKRIPSI FIX 2022 SIAP PRINT (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh bermain bahan alam terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis pre-experimental, dengan desain one group pre-test posttest. Populasi yang diambil adalah seluruh anak usia 5-6 tahun yang bersekolah di Taman Kanak-kanak IQRO Ciangsana, Bogor dimana kelompok B1 terdiri dari 12 anak dan kelompok B2 terdiri dari 15 anak. Dengan sampel yaitu anak kelompok B1 dengan 12 orang anak sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi pengamatan pada saat kegiatan dengan pemberian perlakuan berupa kegiatan bermain bahan alam dan instrumen berupa tahapan kemampuan menulis permulaan sebelum (pre-test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test). Hasil tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian pre-test post-test kelompok eksperimen dengan menggunakan uji-t bahwa diketahui hasil dari thitung 8,24 dan ttabel 2,178. Hal ini menunjukan bahwa thitung>ttabel berarti terdapat pengaruh yang signifikan bermain bahan alam terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dra. Sofia Hartati, M.Si ; 2). Dra. Winda Gunarti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 09 Oct 2024 00:03
Last Modified: 09 Oct 2024 00:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51422

Actions (login required)

View Item View Item