PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF “AKU BISA MENJAGA ALAM (MEMILAH SAMPAH)” UNTUK MENGENALKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

INDRI MEIDIANA PUTRI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF “AKU BISA MENJAGA ALAM (MEMILAH SAMPAH)” UNTUK MENGENALKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi indri nih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media video animasi interaktif untuk mengenalkan sikap peduli lingkungan pada anak 5-6 tahun. Diharapkan media video animasi interaktif ini dapat mengenalkan rasa kepedulian anak terhadap lingkungan alam, dan juga mengenalkan jenis-jenis sampah, dampak membuang sampah sembarangan, dan alasan mengapa harus menjaga alam dengan membuang sampah di tempat dan sesuai jenisnya kepada anak agar dapat memilah sampah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 13 orang anak di Desa Cibunar, Kab. Bogor. Penilaian pada penelitian ini menggunakan skala likert 1-4 dan penilaian uji coba lapangan menggunakan teknik one to one. Hasil penilaian yang diperoleh dari ahli materi yaitu sebesar 82.5%, dan hasil penilaian dari ahli media yaitu sebesar 84.3%. Penilaian dari guru memperoleh 90.76%. Serta hasil uji coba pada anak memperoleh 92.30% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian secara keseluruhan, menyatakan bahwa pengembangan media video animasi interaktif “Aku Bisa Menjaga Alam (Memilah Sampah)” sangat layak untuk mengenalkan sikap peduli lingkungan pada anak usia 5-6 Tahun. ****************************************** This development research is a research that aims to develop interactive animation video media to introduce environmental care attitudes in children aged 5-6 years. This animated video media is expected to introduce children's sense of concern for the natural environment, and also introduce the types of waste, the impact of littering, and the reasons why they must protect nature by throwing garbage in place and according to its type to children so they can sort out waste in daily life. This development research uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Respondents in this study were children aged 5-6 years as many as 13 children in Cibunar Village, Bogor district. The assessment in this study used a Likert scale of 1-4 and the field trial assessment used the one-to-one tehnique. The assessment results obtained from material experts are 82.5%, and the results from media experts are 84.3%. The teacher's assessment obtained 90.76%. And the results of trials on children obtained 92.30% with very feasible criteria. Based on the results of the overall assessment, it is stated that the development of interactive animated video media "I Can Take Care of Nature (Sort Garbage)" is very feasible to introduce environmental care attitudes to children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yasmin Faradiba, M. Pd ; 2). Hikmah, MM.,M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 09 Oct 2024 05:34
Last Modified: 09 Oct 2024 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51442

Actions (login required)

View Item View Item