PENGEMBANGAN MEDIA MEMBACA PEMAHAMAN (MECAHAM) BERBASIS PERMAINAN SONDAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE VAKT UNTUK SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN

INTAN SARI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MEMBACA PEMAHAMAN (MECAHAM) BERBASIS PERMAINAN SONDAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE VAKT UNTUK SISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skrpsi Intan Sari_1102618043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran membaca pemahaman tahap kosakata bagi siswa dengan hambatan pendengaran. Media pembelajaran ini bernama “Mecaham” kepanjangan dari Membaca Pemahaman. Media “Mecaham” ini dibuat berbasis permainan tradisional sondah yang sudah dimodifikasi dengan menggunakan metode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE dengan 5 tahap penelitian yang meliputi : (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Pada tahap evaluasi dimana media divalidasi oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli siswa dengan hambatan pendengaran dan ahli materi untuk melihat keyalakan media serta uji coba lapangan yang melibatkan sebanyak 5 orang siswa dengan hambatan pendengaran kelas 3 SDLB. Maka nilai yang diperoleh menurut ahli media 92.8%, ahli siswa tunarungu 76,8% dan ahli materi 77,8% dari maksimal 100%. Hasil rata-rata keseluruhan nilai dinyatakan media (Mecaham) layak untuk digunakan. Hasil dari uji coba lapangan kepada siswa terhadap media (Mecaham) oleh peneliti sebagai guru menunjukan siswa dengan hambatan pendengaran mampu membuat siswa tertarik dan bersemangat pada saat melakukan kegiatan pembelajaran membaca pemahaman kosakata sehingga siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan penuh perhatian. ****************************************** This reaserch aims to develop learning media that can facilitate the learning process of reading comprehension at the vocabulary stage for students with hearing impairments. This learning media is called "Mecaham" which stands for Reading Comprehension. This “Mecaham” media is based on a traditional sondah game that has been modified using the VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) method. The development model used is ADDIE with 5 stages of research which include: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. At the evaluation stage where the media was validated by 3 experts, namely media experts, students with hearing impairments and material experts to see the validity of the media and field trials involving as many as 5 students with hearing impairments in grade 3 SDLB. So the value obtained according to media experts is 92.8%, experts for deaf students are 76.8% and material experts are 77.8% from a maximum of 100%. The results of the overall average value stated that the media (Mecaham) is feasible to use. The results of field trials to students on the media (Mecaham) by researchers as teachers showed that students with hearing impairments were able to make students interested and excited when carrying out learning activities to read vocabulary comprehension so that students followed the learning well and attentively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 09 Oct 2024 23:26
Last Modified: 09 Oct 2024 23:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51447

Actions (login required)

View Item View Item