M. FADIL, . (2020) PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (223kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (335kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (261kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (349kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (260kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (955kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (154kB) |
Abstract
ABSTRAK M. Fadil. Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Jakarta. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Februari 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sugesti imajinasi terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian prates-pascates grup kontrol. Uji-t dan uji fisher digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Hasil uji-t pada skor pascates antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menujukan bahwa skor thitung 2,132> ttabel 1,999 dengan dk 62. Taraf signifikan α = 0,05. Karena thitung > ttabel berarti H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan pengaruh metode sugesti imajinasi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jakarta. Dari hasil penilaian menunjukkan bahwa aspek kesesuaian tema, judul dan isi merupakan aspek yang mempunyai nilai pencapaian tertinggi dari aspek lainnya dengan skor 76 dari total skor maksimal 80. Sedangkan aspek resolusi merupakan nilai aspek yang pencapaiannya paling rendah dengan skor 35 dari total skor maksimal 60. Dari hasil di atas, metode sugesti imajinasi dapat dijadikan metode yang baik dalam pembelajaran menulis teks puisi, selain itu dapat juga diimplikasikan untuk materi pembelajaran teks cerita pendek dengan KD 3.6 Menelaah stuktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar dan kebahasaan sepasang dengan KD 4.6 yaitu mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam cerita pendek dengan memperhatikan struktur. Kata kunci: metode sugesti imajinasi, kemampuan menulis teks puisi ABSTRACT M. Fadil. The Effect of Imagination Suggestion Method on The Ability to Write Poetry Texts on 8th grade students of SMP Negeri 3 Jakarta. Jakarta: Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Jakarta. February 2020. This study aims to determine the effect of suggestion method imagination of the ability to write poetry texts for eighth grade students of SMP Negeri 3 Jakarta. The method used in this study is an experimental method with a pre-test control group research design. The t-test and fisher test were used as data analysis techniques in this study. T-test results on the post-test scores between the experimental class and control class attribute that score tcount 2,132> ttable 1,999 with dk 62. Significant level α = 0,05. Because tcount > ttable means H1 accepted. The results of this study indicate that applying the influence of the imagination suggestion method influences the ability to write poetry texts for eighth grade students of SMP Negeri 3 Jakarta. From the results of the assessment show that the suitability aspects of the theme, title and content are aspects that have the highest achievement value of the other aspects with a score of 76 out of a total maximum score of 80. While the resolution aspect is the value of the aspects with the lowest achievement with a score of 35 out of a total maximum score of 60. From the results above, the imagination suggestion method can be used as a good method in learning to write poetry texts, but it can also be implied for short story text learning materials with KD 3.6 Examine the structure and linguistic aspects of short stories that are read or heard and the linguistic pair with KD 4.6 namely expressing experiences and ideas in a short story by paying attention to structure. Keywords: methods of suggestion imagination, the ability to write poetry text
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Reni Nur Eriyani, M.Pd. ; 2). Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 652 not found. |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 16:01 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 16:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5147 |
Actions (login required)
View Item |