NADA EKA SYAFITRI, . (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN ENGKLIA (ENGKLEK LIPAT CERIA) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP EMPATI DALAM MENCIPTAKAN KELAS RAMAH ANAK USIA 4-5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (611kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text
LAMPIRAN_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan permainan ENGKLIA untuk menumbuhkan sikap empati dalam menciptakan kelas ramah anak usia 4-5 tahun. Diharapkan permainan ENGKLIA dapat menumbuhkan rasa kepedulian anak terhadap teman sebaya dan lingkungan sekitarnya. penelitian pengembangan ini menggunakan tahap model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Responden dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun berjumlah 5 orang anak di Lubang Buaya, Cipayung, Kota Jakarta Timur. Penilaian pada penelitian ini menggunakan skala likert 1-4 dan penilaian uji coba lapangan menggunakan teknik one to one. Hasil penilaian yang diperoleh dari ahli media yaitu sebesar 86.7%, hasil penilaian dari ahli materi yaitu sebesar 88.3%, dan hasil uji coba one to one yaitu sebesar 92%. Dengan demikian, hasil keseluruhan dari penilaian menyatakan bahwa pengembangan permainan ENGKLIA sangat layak untuk menumbuhkan sikap empati dalam menciptakan kelas ramah anak usia 4-5 tahun. ************************************************************ This innovative research work is a development research that aims to develop the ENGKLIA game to grow attitude of empathy in creating children friendly classes aged 4-5 years old. It is hoped that the ENGKLIA game can foster a child's sense of caring for their peers and the surrounding environment. This development research uses the stages of the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Respondents in this study were children aged 4-5 years totaling 5 children in Lubang Buaya, Cipayung, East Jakarta City. The assessment in this study used a Likert scale of 1-4 and the field trial assessment used the one to one technique. The results of the assessment obtained from media experts are 86.7%, the results of the assessments from material experts are 88.3%, and the results of the one to one trial are 92%. Thus, the overall results of the assessment state that the development of the ENGKLIA game is very feasible to cultivate an attitude of empathy in creating child-friendly classes aged 4-5 years old.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sri Wulan, M.Si ; 2). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 05:20 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 05:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51476 |
Actions (login required)
View Item |