EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: SMA NEGERI 25 JAKARTA)

ATIK KARTIKA, . (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS: SMA NEGERI 25 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Atik Kartika (Final) print.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 25 Jakarta. Peneltian ini juga akan memaparkan efektivitas pembelajaran jarak jauh dan mendeskripsikan peran stakeholders dalam mencapai efektivitas pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 25 Jakarta pada masa pandemic covid-19. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan menyebarkan angket kepada informan penelitian. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 3 orang informan kunci yaitu 3 guru dari mata pelajaran Sosiologi, PJOK dan PAI, informan pendukung yang terdiri dari 13 orang peserta didik yang dipilih secara acak dari kelas X sampai kelas XII baik jurusan IPA maupun IPS, 4 orang tua peserta didik serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMA Negeri 25 Jakarta sebagai triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran jarak jarak jauh di SMA Negeri 25 dilakukan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pemelajaran. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh terlaksana cukup efektif terlihat dari guru mampu menyampaikan dan menjelaskan materi dengan baik yang didukung oleh penggunaan media pembelajaran yang variatif dan menarik. Orientasi tugas oleh guru yang tidak memberatkan untuk memonitor aktivitas peserta didik serta orang tua peserta didik berperan cukup baik dalam mendukung fasilitas belajar peserta didik dan menciptakan susasana yang kondusif dan nyaman selama belajar dari rumah. Selama Pembelajaran Jarak Jauh peserta didik berperan baik dengan memiliki semangat belajar yang tinggi dan juga masih terlibat aktif dalam pembelajaran. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh di SMA Negeri 25 Jakarta berjalan efektif dan mampu bertahan menjaga keteraturan sosial di masa pandemi Covid-19 kerena komponen dalam sistem dapat bersatu menjalankan keempat konteks AGIL diantaranya mampu melakukan penyesuaian terhadap perubahan sistem pembelajaran, memiliki tujuan bersama dan terintegrasi satu sama lain untuk mencapai tujuan tersebut serta memelihara pola dan menopang motivasi anggotanya. ***************************************************** This study aims to describe the process of implementing distance learning at SMA Negeri 25 Jakarta. This research will also describe the effectiveness of distance learning and describe the role of stakeholders in achieving the effectiveness of distance learning at SMA Negeri 25 Jakarta during the COVID-19 pandemic. The research was conducted using a qualitative approach. Research data obtained through observation, in-depth interviews, and distributing questionnaires to research informants. The subjects of this study were 3 key informants, consist of subject teachers from Sociology, PJOK and PAI, supporting informants consisting of 13 students who were randomly selected from class X to class XII both majoring in science and social studies, 4 parents of students and vice principal of the curriculum field. SMA Negeri 25 Jakarta as data triangulation. The results showed that the implementation of the distance learning process at SMA Negeri 25 was carried out mainly through three stages, namely the planning, implementation and evaluation stages of learning. The implementation of distance learning at SMA Negeri 25 Jakarta is quite effective. This can be seen from the teacher being able to convey and explain the material well which is supported by the use of varied and interesting learning media. The task orientation given by the teacher is also quite good where the task is not too difficult and burdensome for students. Parents of students play a fairly good role in supporting student learning facilities and creating a conducive and comfortable atmosphere while studying from home. During distance learning, students have a good enthusiasm for learning and are still actively involved in learning and improve learning outcomes. The implementation of Distance Learning at SMA Negeri 25 Jakarta is effective and able to maintain social order during the Covid-19 pandemic because the components in the system can unite in carrying out the four AGIL contexts. The four contexts include being able to make adjustments to changes in the learning system, having a common goal to be achieved and integrated with each other to achieve these goals and being able to maintain patterns and support the motivation of members during the learning process that has been set.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syaifudin, S.Pd., M.Kesos. ; 2). Devi Septiandini, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Oct 2024 01:13
Last Modified: 14 Oct 2024 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51482

Actions (login required)

View Item View Item