AZIZAH MEIRIZJA, . (2022) PERILAKU KONSUMTIF SEBAGAI BENTUK LOYALITAS KOMUNITAS PENGGEMAR BOYBAND KOREA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_AZIZAH MEIRIZJA_SOSIOLOGI B 2018.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis perilaku konsumtif penggemar boyband Neo Culture Technology (NCTzen) dilihat dari perspektif masyarakat konsumsi dan konsep loyalitas. Subjek penelitian berjumlah tujuh orang informan penggemar berusia 15 hingga 27 tahun. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Triangulasi data penelitian ini adalah konten kreator aplikasi Tiktok yang berinisial SG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah penggemar melakukan perilaku konsumtif berdasarkan makna atau tanda yang terdapat pada konsumsi yang dilakukan. Pertama, awal mula seseorang menyukai NCT karena terpengaruh oleh lingkungan pertemanan, rekomendasi sosial media serta NCT adalah salah satu boyband dibawah naungan SM Entertainment. Kedua, bentuk dari perilaku konsumtif penggemar NCT yaitu, membeli album, merchandise dan photocard, mengikuti fansign, memiliki barang yang serupa dengan bias dan mengikuti konser secara langsung dan daring. Ketiga, loyalitas pada penggemar dapat dilihat pada konsumsi yang dilakukan oleh penggemar. Keempat, alasan-alasan mereka berperilaku konsumtif tersebut yaitu ingin memiliki memori bersama bias, ingin lebih dekat dengan bias, menjadi penggemar sejati, hobi, menyukai produknya, ingin merasakan barang yang dipakai dan untuk mendukung NCT secara penuh. **************************************************** This study aims to describe consumptive behavior as a form of loyalty to the community of Korean boyband fans, especially Neo Culture Technology (NCT), and to describe the background of the consumptive behavior of Neo Culture Technology fans. This Research was conducted from September 2021 to March 2022. This study analyzes the consumptive behavior of fans of the Neo Culture Technology (NCTzen) boyband from the perspective of the consumption community and the concept of loyalty. The research subjects were seven fan informants aged 15 to 27 years. Research data was obtained through in-depth interviews, observation, documentation, and literature study. The triangulation of research data is the content of the creator of the Tiktok application with the initials SG. This research uses a qualitative approach with a case study method. The results of this study are fans carry out consumption behavior based on the meaning or signs contained in the consumption they do. First, the beginning of someone liking NCT is because it is influenced by the circle of friends and social media recommendations, and NCT is one of the boy bands under the auspices of SM Entertainment. Second, the form of consumption of NCT fans, namely, buying albums, merchandise, and photocards, participating in fan signs, having items that are similar to bias, and participating in concerts directly and boldly. Third, loyalty to fans can be seen in the consumption made by fans. Fourth, the reasons for their consumptive behavior are wanting to have shared memories, be closer to bias, be true fans, be hobbies, enjoy the things they wear, and fully support NCT.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si. ; 2). Meila Riskia Fitri, S.Pd, M.A |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:20 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51493 |
Actions (login required)
View Item |