PERANAN FRONT OFFICE DEPARTMENT DALAM MELAYANI TAMU DI HOTEL HARRIS SUITE FX SUDIRMAN

DHEA NADA FAUZZIAH, . (2022) PERANAN FRONT OFFICE DEPARTMENT DALAM MELAYANI TAMU DI HOTEL HARRIS SUITE FX SUDIRMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dhea Nada Fauzziah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Front Office department merupakan pemeran penting dalam kelancaran operasional hotel. Ialah tenaga kerja yang berada dibarisan paling depan dalam melayani dan menjamu tamu, peran seorang front office ialah sebagai wakil dari manajeman, pusat informasi sampai dengan pemecah masalah, memberikan pelayanan yang memuaskan kepada tamu menjadi tujuan utamanya. Tujuan dari tugas akhir ini dibuat adalah untuk mengetahui contoh nyata peranan bagian kantor depan dalam melayani tamu ketika ingin menginap,mengetahui kendala yang dihadapi dan juga cara penanganan masalah di Hotel Harris Suites Fx Sudirman. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan peranan bagian kantor depan khususnya di Hotel Harris Suites Fx Sudirman. Dengan teknik pengambilan data berupa observasi langsung di lapangan, wawancara dengan pihak manajer front office dan juga studi literatur berupa buku,jurnal dan website terkait. Hasil dari tugas akhir ini disimpulkan bahwa peranan kantor bagian depan di Hotel Harris Suites Fx Sudirman ialah sebagai perwakilan dari manajemen hotel, menjadi sumber informsi seputar hotel dan juga yang terpenting dapat menjadi pemecah masalah yang baik, diiringi dengan memberikan pelayanan dengan konsep “Friendly” namun tetap mengedepankan keprofesionalan hotel untuk membangun citra yang positif. ******************************************************* Front Office is an important role in operation of the hotel. Workers who are in the front row in serving and entertaining guests, the role of a front office is as a representative from management, information centers until as a problem solvers, providing satisfactory service to guests is the main goal. The purpose of this final project is to find out a real example of the role of the front office in serving guests when they want to stay, to know the obstacles faced, and also how to handle problems at the Harris Suites Hotel Fx Sudirman.The author uses a qualitative descriptive method to explain the role of the front office, especially at the Harris Suites Fx Sudirman Hotel. With data collection techniques in the form of direct observation in the field, interviews with front office managers, and also literature studies form books, journals, and related websites.The results of this final project concluded that the role of the front office at the Harris Suites Fx Sudirman Hotel is as a representative of hotel management, be a source of information about the hotel, and also most importantly as a good problem solver, accompanied by providing services with the concept of "Friendly" but still stronger prioritize the professionalism of the hotel to build a positive brand image.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Rezka Fedrina, SST. Par, MM.
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:07
Last Modified: 14 Oct 2024 07:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51506

Actions (login required)

View Item View Item