IIEZZU ANJABIL MUSYAFFA, . (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BUKA PUASA BERSAMA (IFTAR) OLEH ROYAL DARMO HOTEL MALIOBORO. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
TUGAS AKHIR IEZZU ANJABIL.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian membahas mengenai Strategi Pengembangan Produk yang diterapkan oleh Royal Darmo Hotel Malioboro dalam membentuk Paket Buka Puasa (Iftar). Berfokus kepada Strategi Pengembangan Produk dengan tujuan untuk mengevaluasi serta mengetahui apa saja manfaat dan kendala saat pelaksanaan penerapan Strategi Pengembangan Produk terutama pada industri perhotelan saat memasuki bulan puasa atau bulan suci Ramadhan. Dengan metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif guna menggambarakan fenomena-fenomena yang ada baik secara faktual dan sistematis dengan metode pengumlan data melalui obeservasi langsung, wawancara sumber, dan juga studi literatur. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Strategi Pengembangan Produk memiliki beberapa tahapan antara lain : penciptaan gagasan, penyaringan gagasan, pengembangan dan pengujian konsep, strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk, uji coba pemasaran, dan juga komersialisasi. Strategi dinilai mapu menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di hotel Royal Darmo Malioboro akibat menurunya tingkat occupancy serta kegiatan MICE hotel pada saat memasuki bulan puasa atau bulan suci Ramadhan. ********************************************* The study discusses the Product Development Strategy implemented by Royal Darmo Hotel Malioboro in forming the Iftar Package (Iftar). Focusing on Product Development Strategy with the aim of evaluating and knowing what are the benefits and obstacles when implementing the Product Development Strategy, especially in the hotel industry when entering the fasting month or the holy month of Ramadan. The method used is descriptive qualitative research method in order to describe existing phenomena both factually and systematically with data collection methods through direct observation, interview sources, and also literature studies. The results of the research show that the Product Development Strategy has several stages including: idea creation, idea screening, concept development and testing, marketing strategy development, product analysis, product development, market testing and commercialization. The strategy is considered capable of being a solution in overcoming the problems that exist at the Royal Darmo Malioboro hotel due to the declining occupancy rate and hotel MICE activities when entering the fasting month or the holy month of Ramadan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lala Siti Sahara, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pariwisata |
Divisions: | FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:32 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51558 |
Actions (login required)
View Item |