PENGEMBANGAN E - LKPD BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SEMESTER I

NOVIA HIDAYAT, . (2022) PENGEMBANGAN E - LKPD BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SEMESTER I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_NOVIA HIDAYAT FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan peneltian campuran (mix method) dengan metode Research and Development (RnD). Data penelitian mengenai analisis kebutuhan diperoleh dari hasil penyebaran angket kepada peserta didik dan data dalam tahap desain dan pengembangan didapat dari studi pustaka dan wawancara dengan para ahli dan juga peserta didik subyek uji coba. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas 10 dari SMA Negeri 42 Jakarta, Halim, Jakarta Timur. Penelitian ini juga melibatkan ahli validator sebagai kelayakan media yakni ahli media, ahli materi, dan guru yang mengampu mata pelajaran sosiologi di sekolah. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil. Ada beberapa tahapan desain dilakukan secara 4 tahap yakni tahap pembuatan sketsa, scanning, colouring, penyajian materi, dan fiksasi media secara sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media E - LKPD sebagai pembelajaran sedang memiliki tingkat penilaian kelayakan yang memuaskan. Validasi oleh beberapa ahli seperti ahli materi dengan hasil persentase kelayakan sebesar 100%, ahli pembelajaran dengan hasil presentase sebesar 98,75%, dan ahli media dengan hasil presentase sebesar 100%, dan implementasi ujicoba individu oleh peserta didik dengan hasil presentase sebesar 97,93%. Keempatnya dikategorikan sebagai "Sangat Layak". Sehingga dapat dikatakan bahwa media E - LKPD yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam materi pada mata pelajaran sosiologi ********************************** This study uses a mixed research approach (mix method) with the Research and Development (RnD) method. Research data on needs analysis were obtained from the results of distributing questionnaires to students and data in the design and development stage were obtained from literature studies and interviews with experts and also test subjects students. The research subjects were 10th grade students from Senior High School 42 Jakarta, Halim, East Jakarta. This research also involves validator experts as media feasibility, namely media experts, material experts, and teachers who teach sociology subjects at school. The time of the study was carried out in the even semester. Step design has four steps like create sketch, scanning, colouring, perfect presentasion of material, and media fixation. The results of this study indicate that the development of E – LKPD media as a medium of learning has a satisfactory level of feasibility assessment. Validation by several experts such as material experts with a percentage of eligibility results of 100%, learning experts with percentage results of 98.75%, and media experts with percentage results of 100%, and the implementation of individual trials by students with percentage results of 97.93 %. All four are categorized as "Very Eligible". So it can be said that the developed E-LKPD media can be used as a learning medium in the material on sociology subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Devi Septiandini, M.Pd. ; 2). Suyuti, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Oct 2024 01:44
Last Modified: 18 Oct 2024 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51648

Actions (login required)

View Item View Item