GERAKAN SOSIAL BARU BERBAGI INSPIRASI MELALUI PROFESI (Studi kasus: Gerakan Pendidikan Kelas Inspirasi Jakarta)

RIKA RAHMADHANIA PUTRI AMAS, . (2022) GERAKAN SOSIAL BARU BERBAGI INSPIRASI MELALUI PROFESI (Studi kasus: Gerakan Pendidikan Kelas Inspirasi Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CD SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan konsep gerakan sosial baru dan pendidikan progresif John Dewey. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber pustaka, dokumentasi, hasil observasi, dan wawancara dengan informan. Informan terdiri dari empat relawan Kelas Inspirasi Jakarta, dua peserta didik, dua guru, dua orang tua peserta didik, dan dua masyarakat sekitar zona inspirasi. Penelitian ini berlangsung mulai bulan Agustus 2019 hingga bulan Mei 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kelas Inspirasi Jakarta merupakan gerakan sosial baru. Kelas Inspirasi Jakarta memiliki ideologi liberalisme dan humanisme, partisipan yang plural, serta taktik dan struktur organisasi yang dinamis, terencana, dan non hirarkis. Aksi kolektif yang dilakukan yaitu aksi pengenalan profesi, aksi pameran dan donasi, serta aksi kampanye. Model aksi pengenalan profesi Kelas Inspirasi Jakarta selaras dengan konsep pendidikan progresif, dimana peserta didik merupakan pusat kegiatan pembelajaran yang harus belajar aktif melakukan melalui pengalaman. Relawan sebagai fasilitator yang membimbing peserta didik dalam menemukan dan mengembangkan minat dan bakatnya. Implikasi Kelas Inspirasi Jakarta diantaranya menjadi gerbang keterlibatan masyarakat dalam dunia pendidikan, memperluas jaringan relawan, menumbuhkan semangat belajar pada peserta didik, memberikan ilmu, pengetahuan, dan pengalaman seputar profesi dan dunia pendidikan. *********************************** This study uses the concept of a new social movement and John Dewey's progressive education. The research methodology uses a qualitative approach with a case study method. The data in this study were obtained from various sources of literature, documentation, observations, and interviews with informants. The informants consisted of four volunteers for the Jakarta Inspiration Class, two students, two teachers, two parents of students, and two communities around the inspiration zone. This research took place from August 2019 to May 2022. The results showed that the Kelas Inspirasi Jakarta is a new social movement. Class Inspiration Jakarta has liberalism and humanism ideologies, plural participants, and dynamic, planned, and non-hierarchical tactics and organizational structures. Collective actions carried out were the introduction of professions, exhibitions and donations, and campaign actions. The action model for the introduction of the Kelas Inspirasi Jakarta is in line with the concept of progressive education, where students are the center of learning activities who must actively learn through experience. Volunteers act as facilitators who guide students in discovering and developing their interests and talents. The implications of the Kelas Inspirasi Jakarta include becoming a gateway for community involvement in the world of education, expanding volunteer networks, fostering a spirit of learning in students, providing knowledge, knowledge, and experience about the profession and the world of education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Achmad Siswanto, M.Si. ; 2). Suyuti, S.Pd.I., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:40
Last Modified: 18 Oct 2024 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51679

Actions (login required)

View Item View Item