PENGARUH KEBERADAAN BEAUTY INFLUENCER @DILLALJAIDI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Pada Pemasaran Produk Kecantikan Akun Instagram @dillaljaidi)

SAVIRA MUMTAZUN NUHA, . (2022) PENGARUH KEBERADAAN BEAUTY INFLUENCER @DILLALJAIDI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Pada Pemasaran Produk Kecantikan Akun Instagram @dillaljaidi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Savira Mumtazun -1406618046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga didapatkan jumlah sampel sebesar 100 akun/ orang. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah beauty influencer dan perilaku konsumtif. Pengolahan data dan analisisnya dilakukan melalui bantuan program perangkat lunak komputer Microsoft Excel dan Statistical Package for The Social Science (SPSS). Sebagai syarat untuk melakukan pengujian regresi linear sederhana, maka terlebih dahulu dilakukan konversi jenis data menjadi berskala interval menggunakan metode suksesif interval. Pengujian instrumen penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki instrumen penelitian yang valid dan dapat diandalkan, hal ini dilakukan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis secara deksriptif menunjukkan secara sekilas gambaran besar bahwa kedua data variabel memiliki pola yang cukup mirip, dengan sedikit penyimpangan. Sedangkan analisis data berdasarkan hasil olah data melalui regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi yang terdapat antara kedua variabel adalah 0,662, sedangkan koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,438, dengan kata lain variabel beauty influencer dapat menjelaskan variabel perilaku konsumtif sebesar 43,8%. Hasil ini selaras dengan asumsi penulis dalam kerangka teoritik mengenai hubungan antara kedua variabel yang berlandaskan konsepsi oleh Ohanian dan Baudrillard. ************************************** The number of samples is determined using the Slovin formula, which make the number of samples in this study equals 100 accounts/person. The concept used in this research is beauty influencer and consumptive behavior. The data processing and analysis was carried out with the help of computer software programs Microsoft Excel and the Statistical Package for The Social Science (SPSS). As a requirement to apply the linear regression on the data, the data type was first converted to an interval scale using the interval successive method. Testing of research instruments shows that both variables have valid and reliable research instruments, this is done through validity and reliability tests. Descriptive analysis shows at a glance that the two variables used in the study have a fairly similar pattern, with slight deviations. Meanwhile, data analysis based on the results of data processing through linear regression shows that the correlation coefficient between the two variables is 0.662, while the coefficient of determination obtained is 0.438, in other words, the beauty influencer variable can explain the consumptive behavior variable on a percentage of 43.8%. This result is in line with the writer's assumption in the theoretical framework regarding the relationship between the two variables based on the conception of Ohanian and Baudrillard

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Meila Riskia Fitri, S.Pd., M.A. ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.Kpm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:53
Last Modified: 18 Oct 2024 07:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51690

Actions (login required)

View Item View Item