PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DIMASA PANDEMI MELALUI DARING DI KELAS XI DI SMA BUNDA KANDUNG JAKARTA

Yana Maolana, . (2022) PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DIMASA PANDEMI MELALUI DARING DI KELAS XI DI SMA BUNDA KANDUNG JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
[SKRIPSI] Yana_maolana_4415151540_ (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Bunda Kandung Jakarta tepatnya pada kelas XI belum terlaksana cukup baik. Peserta didik dan guru masih belum memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan. Hal ini digambarkan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Terdapat kendala saat pembelajaran daring antara lain, guru kurang memahami pengoperasian komputer, peserta didik yang tidak memiliki handphone, peserta didik yang tidak memiliki kuota internet, dan jaringan yang kurang stabil. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaan kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring. Maka dapat dikatakan guru sejarah di SMA BUNDA KANDUNG JAKARTA masih kurang optimal untuk pembelajaran sejarah Indonesia secara daring. Faktor penghambatnya dikarenakan jumlah kelas yang beliau ajar di kelas X, XI, dan XII adalah empat belas kelas dalam mata pelajaran sejarah Indonesia dan mata pelajaran sejarah. Selain itu, guru kurang memahami pengoperasian internet, kurangnya fasilitas yang dimiliki guru dan peserta didik. ****************************************** The results of this study illustrate that the implementation of online learning at SMA Bunda Kandung Jakarta, precisely in class XI, has not been carried out well enough. Students and teachers still do not have the basic facilities needed. This is illustrated in the implementation of online learning. There are obstacles when learning online, among others, teachers do not understand the operation of computers, students who do not have mobile phones, students who do not have internet quota, and unstable networks. In the implementation of online learning, teachers carry out lesson plans and online learning has flexibility in its implementation and is able to encourage teachers to be more creative in teaching, besides that students are required to be more independent and motivated to be more active in learning. However, online learning has obstacles in implementing unstable network conditions and the difficulty of students understanding learning materials is a challenge in online learning. So it can be said that the history teacher at SMA BUNDA KANDUNG JAKARTA is still not optimal for online learning of Indonesian history. The inhibiting factor was because the number of classes he taught in grades X, XI, and XII were fourteen classes in Indonesian history and history subjects. In addition, teachers do not understand the operation of the internet, the lack of facilities owned by teachers and students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Corry Iriani R, M.Pd. ; 2). Dr. M. Fakhruddin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:04
Last Modified: 21 Oct 2024 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51726

Actions (login required)

View Item View Item