Yosi Oktaviani, ,. (2022) POLA SOSIALISASI DALAM HOMESCHOOLING BERBASIS KOMUNITAS (Studi di Komunitas Homeschooling Klub Oase Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi_Yosi Oktaviani_4815140949.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa proses sosialisasi anak homeschooling Klub Oase menekankan kepada penanaman nilai ASK (Aman, Santun, dan Kerjasama), etika lingkungan, dan pemecahan masalah. Penanaman nilai tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas Klub Oase. Kagiatan pramuka menjadi elemen penting dalam sosialisasi anak *************************************** The results of this study show that the process of socializing homeschooling children of Klub Oase emphasizes the cultivation of ASK values (Safe, Polite, and Cooperation), environmental ethics, and problem solving. The instillation of this value is carried out through various activities carried out by the community of Klub Oase. Scout activities are an important element in the socialization homeschooling children of Klub Oase. The pattern of socialization carried out in the Klub Oase emphasizes parental participation in children's education. There are 3 socialization elements developed by Klub Oase in its socialization pattern. First is content. There are two main content that is socialized by the Klub Oase, namely the activeness of parents in children's education and character building for children. The second is the method. This method consists of two parts, namely a method for parents and a method for homeschooling children. The method for parents is done by sharing activities or meeting parents. This method is usually carried out through riungan oase activities. Furthermore, the method for homeschooling children is accommodated through scouting activities which carry out many outdoor activities to give an impression to children in learning. The third socialization element is the actor or agent. In Klub Oase, there are three actors who both play an important role, namely, parents, homeschooling practitioners, and also homeschooling children homeschooling Klub Oase. Pola sosialisasi yang dilakukan dalam Klub Oase menekankan pada partisipasi orang tua dalam pendidikan anak. Terdapat 3 elemen sosialisasi yang dikembangkan oleh Klub Oase dalam pola sosialisasinya. Pertama ialah konten. Konten yang menjadi materi utama yang disosialisasikan oleh Klub Oase ada dua yaitu keatifan orang tua dalam pendidikan anak serta penaman karakter anak. Kedua ialah metode. Metode ini terdiri dari dua bagian, yaitu metode untuk orang tua dan juga metode untuk anak homeschooling. Metode bagi orang tua dilakukan dengan kegiatan sharing atau temu orang tua. Metode ini dilakukan biasanya melalui kegiatan riungan oase. Selanjutnya, metode bagi anak homeschooling diwadahi melalui kegiatan pramuka yang banyak melaksanakan kegiatan di luar ruangan untuk memberikan kesan bagi anak dalam pembelajaran. Elemen sosialisasi yang ketiga ialah aktor atau agen. Dalam Klub Oase, ada tiga aktor yang sama-sama memainkan peranan penting yaitu, orang tua, praktisi homeschooling, dan juga anak homeschooling.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Abdi Rahmat, M.Si. ; 2). Devi Septiandini, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51727 |
Actions (login required)
View Item |