RIYAN WAHYU PRASETYO, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN ANIMASI UNTUK GEN-Z KELAS-XI DKV SMKN1 JAKARTA DENGAN METODE BORG AND GALL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I - PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB II - TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III - METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami prinsip dasar animasi, serta terbatasnya ketersediaan media pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Android pada materi 12 Prinsip Dasar Animasi untuk siswa Gen-Z kelas XI DKV di SMKN 1 Jakarta, yang diberi nama "Prisma." Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah model pengembangan Borg and Gall, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Aplikasi yang telah dikembangkan mendapatkan penilaian dari dua ahli materi dengan tingkat kelayakan sebesar 100%, yang menunjukkan bahwa materi yang digunakan telah dinyatakan valid. Penilaian oleh dua ahli media juga menghasilkan tingkat kelayakan sebesar 83,91%, yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Selain itu, dari 30 responden yang diuji melalui kuesioner, penilaian kelayakan produk mencapai 92,36%, yang juga masuk dalam kategori "Sangat Layak". Berdasarkan hasil-hasil tersebut, aplikasi Prisma sebagai media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan menggunakan metode Borg and Gall dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Android, Generasi Z, Borg and Gall. ***** This research is motivated by the problem that students still face difficulties in understanding the basic principles of animation, as well as the limited availability of suitable learning media. To address these issues, this study aims to develop an interactive learning media in the form of an Android-based application for the subject of 12 Basic Principles of Animation for Gen-Z students in grade XI of Visual Communication Design (DKV) at SMKN 1 Jakarta, named "Prisma." The development method used for this application follows the Borg and Gall model, which has been adapted to meet the needs of the research. The developed application received a 100% feasibility rating from two subject matter experts, indicating that the content used has been validated. Additionally, evaluations from two media experts yielded a feasibility score of 83.91%, which falls into the "Highly Feasible" category. Moreover, feedback from 30 respondents tested via questionnaire resulted in a product feasibility score of 92.36%, also classified as "Highly Feasible." Based on these results, the Prisma application, developed using the Borg and Gall method, is deemed highly suitable for use as a learning tool. Keywords: Android-Based Learning Media, Generation Z, Borg and Gall.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T. 2). Muchammad Ficky Duskarnaen, M.Sc. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Riyan Wahyu Prasetyo . |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:36 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51754 |
Actions (login required)
View Item |