ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT LITERASI KIMIA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN KIMIA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AULIA DIAN MARTHA, . (2022) ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT LITERASI KIMIA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN KIMIA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01_COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
02_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
03_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
04_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
05_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
06_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
07_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan memberikan deskripsi kesesuaian tingkat literasi kimia mahasiswa prodi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada awal semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dan desain penelitian yang digunakan yaitu cross-sectional survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif prodi Pendidikan Kimia yang terdiri dari 391 mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap 196 mahasiswa dengan teknik pengambilan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner skala Likert untuk mengukur literasi nominal, pertanyaan open-ended untuk mengukur literasi fungsional dan literasi multidimensi, serta tes pilihan ganda untuk mengukur literasi konseptual mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji kesesuaian metode chi-square (α = 0,05; df = 6) pada tingkat literasi nominal didapatkan hitung =2,4068, hitung =7,1315 pada tingkat literasi fungsional, hitung =10,7188 pada tingkat literasi konseptual, dan hitung =12,1679 pada tingkat literasi multidimensi. Nilai-nilai tersebut menunjukkan hitung < tabel (12,5916). Maka disimpulkan bahwa terdapat kesesuaian tingkat literasi kimia pada mahasiswa prodi Pendidikan Kimia baik untuk literasi nominal, literasi fungsional, literasi konseptual dan literasi multidimensi. ******************************************** This study aims to describe the suitability of chemical literacy levels for chemistry teacher candidates. This research was conducted in the beginning of 2021/2022 learning program at State University of Jakarta. Descriptive quantitative method with cross-sectional survey design was used for this research. The population purposed are 391 chemical education students with total amount of 196 samples using simple random sampling technique. Likert scale questionaires are used to measure students nominal literacy level, open-ended questions are used to measure students functional and multidimensional literacy levels and multiple choice test is used to measure students conceptual literacy level. Using goodness of fit test with chi-square method (at α = 0,05; df = 6), the results are stat =2,4068 for nominal literacy level, stat =7,1315 for functional literacy level, stat =10,7188 for conceptual literacy level and stat =12,1679 for multidimensional literacy level. Based on the results, it shows that the value of stat < critical (12,5916). It can be concluded that there is a fit in student chemical literacy levels, either in nominal literacy, functional literacy, conceptual literacy or multidimensional literacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Ridwan, M.Si.; 2). Dr. Darsef, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:27
Last Modified: 29 Oct 2024 04:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51795

Actions (login required)

View Item View Item