DIAN EKAWATI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBASIS APLIKASI ANDROID GAME CROSSWORD INTERAKTIF MATERI SISTEM GERAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
Text
15.METADATA.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
SURAT PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
Abstract
Materi sistem gerak pada kelas XI SMA merupakan salah satu bab yang memiliki banyak istilah ilmiah dan proses yang harus dipahami sehingga penelitian ini membuat media pembelajaran tersebut dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi sistem gerak. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam bentuk game crossword. Media pembelajaran visual berbasis aplikasi android ini dikembangkan berdasarkan model ADDIE yaitu melalui lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan dilapangan, desain produk, pengembangan produk, implementasi di lapangan, dan evaluasi produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Media ini dinilai olah para 2 orang ahli disetiap aspek yaitu ahli media,ahli bahasa dan ahli materi Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran visual aplikasi android game crossword merupakan media pembelajaran yang sangat layak digunakan. Media pembelajaran dikembangan dengan materi yang sesuai, bahasa yang lugas dan jelas, serta tampilan media yang menarik dan menyenangkan berbeda dengan media pembelajaran lainnya. Tingkat kesukaran soal yang digunakan dalam penelitian cenderung mudah, dimana daya beda soal didominasi oleh soal yang memiliki daya beda tinggi. Adanya media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan belajar siswa terhadap mata pelajaran Biologi pada materi sistem gerak. ******************************************************** Materi sistem gerak pada kelas XI SMA merupakan salah satu bab yang memiliki banyak istilah ilmiah dan proses yang harus dipahami sehingga penelitian ini membuat media pembelajaran tersebut dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi sistem gerak. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android dalam bentuk game crossword. Media pembelajaran visual berbasis aplikasi android ini dikembangkan berdasarkan model ADDIE yaitu melalui lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan dilapangan, desain produk, pengembangan produk, implementasi di lapangan, dan evaluasi produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Media ini dinilai olah para 2 orang ahli disetiap aspek yaitu ahli media,ahli bahasa dan ahli materi Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran visual aplikasi android game crossword merupakan media pembelajaran yang sangat layak digunakan. Media pembelajaran dikembangan dengan materi yang sesuai, bahasa yang lugas dan jelas, serta tampilan media yang menarik dan menyenangkan berbeda dengan media pembelajaran lainnya. Tingkat kesukaran soal yang digunakan dalam penelitian cenderung mudah, dimana daya beda soal didominasi oleh soal yang memiliki daya beda tinggi. Adanya media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan belajar siswa terhadap mata pelajaran Biologi pada materi sistem gerak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Sri Rahayu, S.Kep, M.Biomed.; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed. |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 02:44 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 02:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51844 |
Actions (login required)
View Item |