FEBRIANA KURNIAWATI, . (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMAN 1 CIKARANG PUSAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS E-LEARNING. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Article Febriana of JRPMS Revisi Final.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
Text
Metadata.pdf Restricted to Registered users only Download (5kB) |
|
Text
Tesis Febriana Kurniawati-Lengkap-Revisi Sesudah Sidang.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan model pembelajaran problem based learning berbasis e-learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan satu kegiatan pra siklus, setiap siklusnya mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan yaitu pertemuan pembelajaran, tes akhir siklus, wawancara, yang selanjutnya dianalisis dan direfleksi sebagai upaya perbaikan untuk siklus berikutnya. Penelitian ini dilakukan kepada 36 siswa dan dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data kualitiatif dan kuantitatif yang diperoleh selama proses pembelajaran. Data tersebut diperoleh dari instrumen penelitian yaitu tes akhir siklus, lembar observasi, dan dokumentasi. Setiap pertemuan terdiri dari beberapa tahapan yang merupakan tahapan dari model pembelajaran problem based learning berbasis e-learning. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai tes akhir siklus siswa yang meningkat pada setiap siklusnya. Rata-rata nilai tes akhir pada pra siklus adalah 25,12, pada siklus I meningkat menjadi 82,22 dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,58 dengan kriteria baik. Kemudian jumlah siswa yang telah mencapai kriteria baik memiliki nilai tuntas yaitu dengan nilai minimal 77 juga mengalami kenaikan pada tiap siklusnya. Pada pra siklus sebanyak 2 orang atau 5,56%, pada siklus I meningkat menjadi 29 orang atau 80,56%, dan pada siklus II meningkat menjadi 32 orang atau 88,89%. Data disposisi matematis siswa yang diambil berdasarkan angket juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Rata-rata nilai angket pada pra siklus adalah 64,24, pada siklus I meningkat menjadi 72,57, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,91 dengan kategori baik. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis siswa kelas XI MIPA 2 pada pokok bahasan barisan dan deret aritmatika dan geometri dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis e-learning. ************************************************************ This research is a classroom action research which aims to improve students mathematical problem solving abilities and mathematical dispositions through learning with a problem based learning model based on e-learning. The research was carried out in two cycles and one pre-cycle activity, each cycle includes planning activities, implementation namely learning meetings, end-of-cycle tests, interviews, which are then analyzed and reflected as improvement efforts for the next cycle. This research was conducted on 36 students and 6 students were selected as research subjects. Data analysis was carried out by describing qualitative and quantitative data obtained during the learning process. The data were obtained from the research instrument, namely the end of the cycle test, observation sheets, and documentation. Each meeting consists of several stages which are stages of the problem-based learning model based on e-learning. The research that has been done shows the results of students' mathematical problem solving abilities and mathematical dispositions have increased. This can be seen from the average student cycle final test scores which increase in each cycle. The average final test score in the pre-cycle was 25.12, in the first cycle it increased to 82.22 with good criteria, and in the second cycle it increased to 84.58 with good criteria. Then the number of students who have achieved good criteria have a complete score with a minimum score of 77 also increases in each cycle. In the pre-cycle there were 2 people or 5.56%, in the first cycle it increased to 29 people or 80.56%, and in the second cycle it increased to 32 people or 88.89%. The students' mathematical disposition data taken based on the questionnaire also increased each cycle. The average value of the questionnaire in the pre-cycle was 64.24, in the first cycle it increased to 72.57, and in the second cycle it increased to 77.91 with a good category. These results can be concluded that the mathematical problem solving ability and mathematical disposition of students of class XI MIPA 2 on the subject of arithmetic and geometric sequences and series can be increased through the application of an e-learning-based problem based learning model.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Lukita Ambarwati, M.Si.; 2). Dr. Lukman El Hakim, M.Pd. |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 01:34 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 01:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51909 |
Actions (login required)
View Item |