GHEA PAKI AGUSTIN, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01_COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text
02_BAB1.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
Text
03_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
Text
04_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text
05_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
06_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text
08_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
Text
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi larutan penyangga. Penelitian dilaksanakan di SMAN 45 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian terdiri dari 36 peserta didik kelas XI MIA 2. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, lembar diskusi, tes analisis kemampuan berpikir kritis, reflektif jurnal dan wawancara peserta didik. Penelitian dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebanyak empat pertemuan dengan melalui enam tahapan pembelajaran yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik, menyajikan informasi, mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok, membimbing kelompok belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik sebagian besar menunjukkan kriteria yang memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan telah tercapainya kriteria memuaskan pada aspek mengidentifikasi masalah dalam pertanyaan, aspek pemahaman konseptual, aspek hubungan antarkonsep, aspek asumsi dan aspek menarik kesimpulan. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui aktivitas diskusi kelompok. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT sesuai dengan teori belajar konstruktivisme dimana pengetahuan peserta didik dibangun melalui interaksi sosial dan lingkungannya. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mencapai kriteria yang memuaskan meliputi tiga aspek diantaranya identifikasi masalah dalam pertanyaan, pemahaman konseptual dan menarik kesimpulan. Sedangkan indikator yang mencapai kriteria yang sangat baik memuat aspek hubungan antarkonsep dan indikator yang mencapai kriteria yang kurang memuaskan memuat aspek asumsi. *********************************************************** The purpose of this study was to analyze the indicators of students' critical thinking skills through the NHT type cooperative learning model on the buffer solution material. The research subjects were 36 students of class XI MIA 2 academic year 2019/2020 at SMAN 45 Jakarta. The research was conducted using qualitative analysis methods by collecting data through observation, discussion sheets, critical thinking skills analysis tests, reflective journals, and student interviews. The research was carried out by applying the NHT cooperative learning model in four meetings through 5 stages of learning, namely conveying goals and motivating students, presenting information, organizing students into groups, guiding study groups, evaluating and giving awards. The results showed that the critical thinking skills of students mostly showed satisfactory criteria. This is evidenced by the achievement of satisfactory criteria on aspects of problem identification in questions, aspects of conceptual understanding, aspects of the relationship between concepts, aspects of assumptions and aspects of drawing conclusions. The application of the NHT type of cooperative learning model has a positive impact on the development of students' critical thinking skills through group discussion activities. The conclusion of the study shows that the critical thinking skills of students who achieve satisfactory criteria include three aspects including identification of the problem in question, conceptual understanding and drawing conclusions. Meanwhile, indicators that reach very good criteria contain aspects of the ideas connection and indicators that achieve unsatisfactory criteria contain aspects of assumptions
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Afrizal, M.Si.; 2). Dr. Irwanto, M.Pd |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:15 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51931 |
Actions (login required)
View Item |