PENGARUH PRAKTIKUM GREEN CHEMISTRY DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

HILDA RAMZIAH BANDJAR, . (2022) PENGARUH PRAKTIKUM GREEN CHEMISTRY DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
A Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
AA Cap Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
B daftar isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
Lampiran Artikel.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh praktikum green chemistry dan motivasi terhadap berpikir kritis siswa pada pembelajaran materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 31 Jakarta dengan sampel penelitian sebanyak 56 siswa yang diambil 27% pada siswa dengan Motivasi tinggi dan 27% pada siswa dengan motivasi rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen desain treatment by level 2x2. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan ANAVA dua jalur dengan uji F pada tingkat signifikasi α=0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok bahan alam lebih tinggi dari kelompok bahan standar laboratorium, (2) tidak terdapat pengaruh interaksi antara variasi bahan dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis (3) kemampuan berpikir kritis siswa kategori motivasi tinggi, pada kelompok bahan laboratorium lebih tinggi dari kelompok bahan alam (4) kemampuan berpikir kritis siswa kategori motivasi rendah pada kelompok bahan laboratorium lebih rendah dari kelompok bahan alam. Secara umum pembelajaran dengan praktikum dapat meningkatkan berpikir kritis siswa yang menggunakan bahan alam baik pada siswa yang bermotivasi tinggi maupun siswa yang bermotivasi rendah, sementara pembelajaran dengan praktikum dapat meningkatkan berpikir kritis siswa yang menggunakan bahan laboratorium hanya pada kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi tinggi saja. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya guru dalam penerapan praktikum asam basa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. ************************************************************ This study aims to determine the difference in the effect of green chemistry practicum and motivation on students' critical thinking in acid-base learning. This research was conducted at SMA Negeri 31 Jakarta with a research sample of 56 students taken 27% of students with high motivation and 27% of students with low motivation. The research method used is a quasi-experimental design treatment by level 2x2. The data obtained were then analyzed using two-way ANOVA with the F test at a significance level of =0.05. The results showed that (1) the students' critical thinking ability in the natural materials group was higher than the standard laboratory material group, (2) there was no interaction effect between the variety of materials and students' learning motivation on critical thinking abilities (3) students' critical thinking skills in the motivation category. high, the group of laboratory materials is higher than the group of natural materials (4) the critical thinking ability of students in the category of low motivation in the group of laboratory materials is lower than the group of natural materials. In general, learning with practicum can improve critical thinking of students who use natural materials, both for students with high motivation and students with low motivation, while learning with practicum can improve critical thinking of students who use laboratory materials only in groups of students who have high motivation. This research is expected to enrich teachers in the application of acid-base practicum so as to improve students' thinking skills.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sukro Muhab, M.Si.; 2). Dr. Moersilah, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:08
Last Modified: 06 Nov 2024 07:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51941

Actions (login required)

View Item View Item