SELVIA YUNIAR, . (2022) HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN SEKELURAHAN KLENDER KECAMATAN DUREN SAWIT KOTAMADYA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.Cover Selvia.pdf Download (51kB) |
|
Text
2.Abstrak Selvia.pdf Download (10kB) |
|
Text
3.Lembar Persetujuan dan Pengesahan Selvia.pdf Download (132kB) |
|
Text
4.Surat Pernyataan Keaslian Karya Selvia.pdf Download (67kB) |
|
Text
5.Motto dan Persembahan Selvia.pdf Download (60kB) |
|
Text
6.Kata Pengantar Selvia.pdf Download (65kB) |
|
Text
7.Daftar Isi Selvia.pdf Download (10kB) |
|
Text
8.Daftar Tabel Selvia.pdf Download (62kB) |
|
Text
9.Daftar Gambar Selvia.pdf Download (46kB) |
|
Text
10.Daftar Lampiran Selvia.pdf Download (5kB) |
|
Text
11.Bab 1 Selvia.pdf Download (95kB) |
|
Text
11.Bab 2 Selvia.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
11.Bab 3 Selvia.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
11.Bab 4 selvia.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
Text
11.Bab 5 selvia.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Text
12.Daftar Pustaka.pdf Download (125kB) |
|
Text
13.Lampiran Selvia.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
14. Daftar Riwayat Hidup Selvia.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
|
Text
Jurnal Skripsi Selvia.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di SDN Sekelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit Kota Madya Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klender 03 Pagi, SDN Klender 04 Pagi, SDN Klender 10 Pagi, dan SDN Klender 22 Pagi dengan menggunakan teknik multistage cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa uraian soal untuk mengukur variabel kemampuan pemecahan masalah matematika dan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur variabel resiliensi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan resiliensi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel resiliensi matematis terhadap variabel kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 37,09% dan sisanya sebesar 62,91% dipengaruhi oleh faktor lain. ********************************* This research aims to find out the relationship between mathematical resilience and mathematical problem-solving skills in class V students at SDN Klender Subdistrict Duren Sawit District, East Jakarta. The samples in this study were students of class V SDN Klender 03, SDN Klender 04, SDN Klender 10, and SDN Klender 22 using multistage cluster random sampling techniques. Data collection is carried out using test and non-test instruments. Test instruments are used in the form of problem descriptions to measure variables of mathematical problem-solving ability and non-test instruments in the form of questionnaires to measure mathematical resilience variables with a likert scale. The data analysis technique used is Pearson Product Moment correlation analysis. The results showed that there was a positive and significant relationship between mathematical resilience and mathematical problem solving ability. The effective contribution given by the mathematical resilience variable to the mathematical problem solving variable is 37.09% and the remaining 62.91% is influenced by other factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Maratun Nafiah, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 07:07 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 07:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51978 |
Actions (login required)
View Item |