STACIA DWI JAYANTI, . (2022) STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RW 08 KELURAHAN RAWASARI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi - Stacia Dwi Jayanti.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini subjek penelitianyaitu para orang tua terutama Ibu yang mendampingi anak kelas 1 sampai kelas 3 Sekolah Dasar belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di RW 08 Kelurahan Rawasari Jakarta Pusat. Pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu tahapan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah pada masa pandemi Covid-19 yaitu dengan cara (1) Mendampingi anak belajar, (2) Memberikan motivasi dan apresiasi, (3) Memberikan kebutuhan fasilitas pembelajaran, (4) Tempat berdiskusi atau bertanya anak, (5) Membantu membentuk karakter dan sikap anak, (6) Menemukan dan mengembangkan minat dan bakat, (7) Menciptakan lingkungan suasana belajar yang kondusif dan nyaman bagi anak. *********************** This study aims to identify and describe strategies in assisting children to study at home during the Covid-19 pandemic. In this study, the research subjects were parents, especially mothers who accompanied grade 1 to grade 3 elementary school children studying at home during the Covid-19 pandemic. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. The location of this research is in RW 08, Rawasari Village, Central Jakarta. In data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Then the stages of data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data inference. While checking the validity of the data using source triangulation and technical triangulation. The results showed that the strategies adopted by parents in accompanying children to study at home during the Covid-19 pandemic were (1) Accompanying children to learn, (2) Providing motivation and appreciation, (3) Providing learning facilities needs, (4) A place for discussing or asking children, (5) Helping shape children's character and attitudes, (6) Finding and developing interests and talents, (7) Creating a conducive and comfortable learning environment for children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Adi Irvansyah, M.Pd ; 2). Jaenal Mutakim, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:07 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52013 |
Actions (login required)
View Item |