SURVEI KECERDASAN EMOSIONAL ATLET REMAJA DI SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGA RAGUNAN

TANIA HERDI MERDHIKAWATI, . (2022) SURVEI KECERDASAN EMOSIONAL ATLET REMAJA DI SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGA RAGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TANIA 24 JULI SELESAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kecerdasan emosional pada atlet remaja di Sekolah Khusus Olahraga Ragunan, Jakarta Selatan tahun ajaran 2021/2022. Aspek-aspek dari kecerdasan emosional adalah kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial. Penelitian menggunakan metode survei dengan populasi 392 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 85 responden dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen kecerdasan emosional, dengan skala likert, dan statistik deskriptif sebagai teknik analisis data. Hasil perolehan secara keseluruhan menunjukkan sebagian besar responden mencapai tingkat cukup tinggi sebesar 64,7%. Pada kategori tinggi, perolehan tertinggi ada pada aspek kesadaran diri dan pengendalian diri sebesar 7,1%, lalu pada kategori cukup tinggi ada pada pengendalian diri sebesar 57,6%, pada kategori cukup rendah ada pada aspek empati 57,6% dan pada kategori rendah ada pada aspek kesadaran diri sebesar 4,7%. Sebagian besar hasil persentase pada dimensi positif berada pada kategori rendah, sedangkan pada dimensi negatif berada pada kategori tinggi, sehingga peserta didik masih memerlukan pengembangan kecerdasan emosional melalui program dan pelatihan sebagai upaya meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Khusus Olahraga Ragunan. *********** This research aims to obtain an overview of emotional intelligence in adolescent athletes at the Ragunan Sports Special School, South Jakarta in the 2021/2022 academic year. The aspects of emotional intelligence are self-awareness, self-control, self-motivation, empathy, and social skills. The research used a survey method with a population of 392 people and the sample used was 85 respondents with simple random sampling technique. This research uses emotional intelligence instruments, with a Likert scale, and descriptive statistics as data analysis techniques. The overall results show that most of the respondents reached a fairly high level of 64.7%. In the high category, the highest gain was in the aspect of self-awareness and self-control by 7.1%, then in the high enough category there was self-control by 57.6%, in the low enough category there was in the empathy aspect 57.6% and in the category low is in the aspect of self-awareness of 4.7%. Most of the percentage results on the positive dimensions are in the low category, while the negative dimensions are in the high category, so that students still need the development of emotional intelligence through programs and training as an effort to improve the emotional intelligence of students at the Ragunan Sports Special School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Happy Karlina Marjo. M.Pd ; 2). Dra. Michiko Mamesah. M.Psi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:34
Last Modified: 08 Nov 2024 07:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52029

Actions (login required)

View Item View Item