IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAK DI PENDIDIKAN NON-FORMAL (STUDI KASUS YAYASAN TSAQOFAH ISLAMIYAH JENJANG I’DADI TEBET)

SHOLEH ROBBANI ALATAS, . (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKHLAK DI PENDIDIKAN NON-FORMAL (STUDI KASUS YAYASAN TSAQOFAH ISLAMIYAH JENJANG I’DADI TEBET). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SHOLEH ALATAS 1404617055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study) yang mendeskripsikan mengenai bagaimana perencanaan pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi, bagaimana pelaksanaan pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi dan bagaimana evaluasi pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi .Lokasi penelitian di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi. Waktu penelitian di mulai pada bulan Oktober 2021 hingga Januari 2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran akhlak dan teori pendidikan non-formal. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi disusun tanpa menggunakan perencanaan resmi dari Kementerian, melainkan guru membuat perencanaan tersendiri berdasarkan pengalamannya selama mengajar. 2) Pelaksanaan pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi dilakukan dengan metode ceramah dan praktik. Media pembelajaran yang di gunakan yaitu buku pembelajaran akhlak karangan Syekh Umar Baradja. 3) Bentuk evaluasi pembelajaran akhlak yaitu tertulis dan lisan. Aspek yang di ukur dalam evaluasi adalah perilaku terhadap diri sendiri dan sekitar Hasil evaluasi pembelajaran akhlak di Yayasan Tsaqofah Islamiyah pada jenjang I’dadi sudah terbukti berhasil. Hal ini di lihat dari keadaan murid sebelum mendapatkan pembelajaran yang masih berkata kasar, berbuat seenaknya, tidak menghargai orang lain, dan egois. Setelah melakukan pembelajaran akhlak dan diberikan pembiasaan, kelakukan murid sudah banyak berubah ke arah yang lebih positif. ***************************************** This study aims to: 1) Describe and analyze the planning of moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level. 2) Describe and analyze the implementation of moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level. 3) Describe and analyze the evaluation of moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level. This study uses a qualitative type of research using a case study approach that describes how to plan moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level, how to implement moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level and how to evaluate moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level. Sources of data were obtained from interviews, observations, and documentation. The research location was at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level. The time of the research starts from October 2021 to January 2022. The theory used in this study is the theory of moral learning and the theory of non-formal education. Based on the results of the study, it was found that: 1) The planning of moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level was prepared without using the official plan from the Ministry, but the teacher made his own plan based on his experience during teaching. 2) The implementation of moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level is carried out using lecture and practical methods. The learning media used is a moral learning book written by Sheikh Umar Baradja. 3) The form of evaluation of moral learning is written and oral. The aspect that is measured in the evaluation is behavior towards oneself and around. The results of the evaluation of moral learning at the Tsaqofah Islamiyah Foundation at the I'dadi level have proven successful. This can be seen from the state of the students before getting the lesson who still said rudely, acted arbitrarily, did not respect others, and were selfish. After doing moral learning and being given habituation, students' behavior has changed a lot in a more positive direction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Abdul Fadhil, S.Ag. ; 2). Khairil Ikhsan Siregar, Lc MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:28
Last Modified: 19 Nov 2024 02:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52140

Actions (login required)

View Item View Item