PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BIOLOGI SEBAGAI SUPLEMEN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

WITA RAMADHIANTY KUSUMA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BIOLOGI SEBAGAI SUPLEMEN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan minat membaca di Indonesia yang tak kunjung usai. Membaca menjadi kemampuan dasar yang perlu dimiliki untuk mengolah suatu informasi ilmu pengetahuan menjadi pemahaman dalam kegiatan pembelajaran. Dibutuhkan inovasi dalam pengembangan media pembelajaran yang mampu memengaruhi keterlibatan membaca peserta didik untuk meningkatkan pemahaman terkait teori yang disampaikan oleh guru. Media komik digital dikembangkan sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Media komik dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran yang dapat menjadi alternatif saat kegiatan belajar mengajar berupa penyegaran pikiran di antara media pembelajaran lainnya Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan dan kelayakan media komik biologi digital pada teori pencemaran lingkungan pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Bekasi, dengan desain penelitian pengembangan yang diadopsi dari model pengembangan Borg and Gall. Hasil validitas ahli media sebesar 81,54% dengan kategori sangat baik dan ahli materi sebesar 87,69% dengan kategori sangat baik. Hasil uji kelayakan pada peserta didik dan guru masing masing memperoleh sebesar 86,37% dan 84,61% dengan kategori sangat baik. Produk penelitian dan pengembangan ini terbukti layak digunakan dalam pembelajaran SMA dengan adanya peningkatan hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji N-Gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang. ************************************************ This research is motivated by the problem of interest in reading in Indonesia that never ends. Reading is a basic skill that needs to be possessed to process scientific information into understanding in learning activities. Innovation is needed in the development of learning media that is able to influence students' reading engagement to increase understanding related to the theory conveyed by the teacher. Digital comic media was developed as a solution to these problems. Comic media can be used as a learning supplement that can be an alternative during teaching and learning activities in the form of refreshing the mind among other learning media.This study aims to analyze the effectiveness and feasibility of digital biology comics media on the theory of environmental pollution in high school students (SMA). This research was conducted at SMA Negeri 4 Bekasi, with a developmental research design adopted from the Borg and Gall development model. The results of the validity of media experts are 81,54% in the very good category and material experts at 87,69% in the very good category. The results of the feasibility test on students and teachers respectively obtained 86,37% and 84,61% in the very good category. This research and development product is proven to be suitable for use in high school learning with an increase in learning outcomes which are analyzed using the N-Gain test of 0.5 in the medium category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:42
Last Modified: 20 Nov 2024 03:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52175

Actions (login required)

View Item View Item