MUHAMMAD RAFAEL, . (2025) PENGEMBANGAN SISTEM PENDINGIN KABIN MOBIL PICK UP BERBASIS THERMOELECTRIC DAN INDIRECT EVAPORATIVE COOLING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
Abstract
Mobil pick up pada umumnya tidak delengkapi dengan AC atau sistem pendingin. Kendaraan mobil pick up pada umumnya didesain untuk mengangkut barang dengan jarak tempuh yang lebih jauh dibanding dengan mobil knvensional, sehingga penumpang mobil pick up harus berada di dalam kabin lebih lama dibanding mobil pada umumnya, kondisi tersebut tentunya membuat penumpang didalam kabin menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan penelitian untuk mengambangkan sistem pendingin berbasis termoelektrik sebagai alternatif. Penelitian ini berfokus pada simulasi dari sistem pendinginan termoelekrik pada kabin mobil pick up dalam keadaan mesin menyala. Penelitian ini menggunakan variasi jumlah modul yaitu 6 dan 12 modul, dan variasi rangkaian kabel yaitu seri secara kelistrikan dan paralel secara termal pada sistem pendingin. Pendingin evaporatif tidak langsung (IEC) ditambahkan untuk membantu pendingin termoelektrik untuk mencapai temperatur serendah-rendahnya di dalam kabin. Hasil pengujian menunjukan bahwa, penggunaan pendingin termoelektrik dapat mendinginkan temperatur kabin hingga 11.86℃, pendingin evaporatif tidak langsung (IEC) dapat mendinginkan temperatur kabin hingga 12.9℃, dan kombinasi pendingin termoelektrik dan evaporatif tidak langsung (IEC) dapat menurunkan temperatur kabin hingga 11.6℃. ***** Pickup trucks are generally not equipped with AC or cooling systems. Pickup trucks are generally designed to transport goods over longer distances than conventional cars, so that pickup truck passengers must be in the cabin longer than conventional cars, which certainly makes passengers in the cabin uncomfortable. To overcome this problem, research was conducted to develop a thermoelectric-based cooling system as an alternative. This study focuses on the simulation of the thermoelectric cooling system in the pick-up truck cabin while the engine is running. This study uses variations in the number of modules, namely 6 and 12 modules, and variations in the wiring circuit, namely electrically series and thermally parallel in the cooling system. An indirect evaporative cooler (IEC) is added to help the thermoelectric cooler achieve the lowest possible temperature in the cabin. The test results show that the use of thermoelectric coolers can cool the cabin temperature to 11.86℃, indirect evaporative coolers (IEC) can cool the cabin temperature to 12.9℃, and the combination of thermoelectric and indirect evaporative coolers (IEC) can lower the cabin temperature to 11.6℃.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr.Ir. Ragil Sukarno, M.T. ; 2). Nugroho Gama Yoga, S.T.,M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Muhammad Rafael . |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 01:52 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 01:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |