RABIATUL LAZI DINIAH, . (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ULAR TANGGA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang telah banyak mengubah kehidupan manusia secara fundamental. Kemajuan yang pesat dalam teknologi dan informasi telah berdampak besar dalam dunia pendidikan. Teknologi canggih kini dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu contoh game edukasi yang menarik adalah permainan ular tangga dan bangku loncatan, permainan ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang mengasyikkan bagi siswa, dan dapat meningkatkan manfaatnya dalam pengalaman pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan game edukasi ular tangga pada materi pemanasan global Fisika kelas X SMA yang layak digunakan untuk peserta didik dan guru. Produk ini diujicobakan secara terbatas kepada siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan mengikuti model ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Pembuatan game ular tangga ini tentunya memerlukan platform yang sesuai yaitu Canva. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk dari ahli materi memperoleh hasil sebesar 97,22% dengan interpretasi sangat layak, dari ahli media di peroleh hasil sebesar 91,62% dengan interpretasi sangat layak, serta dari hasil uji persepsi produk oleh guru mendapatkan hasil sebesar 93,55% dengan interpretasi sangat layak dan dari hasil uji persepsi produk kepada siswa diperoleh hasil sebesar 87% dengan interpretasi sangat layak. Jadi secara keseluruhan game edukasi ular tangga yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pembantu yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar di kelas dan menarik perhatian siswa. *** This research is motivated by advances in technology and science that have fundamentally changed human life. Rapid advances in technology and information have had a major impact in the world of education. Advanced technology can now be used to support the learning process. One example of an interesting educational game is the snakes and ladders and stepping stool game, this game can be an exciting learning tool for students, and can increase its benefits in the educational experience. The purpose of this research is to produce a snakes and ladders educational game on global warming material in class X high school physics that is suitable for students and teachers. This product was tested on a limited basis to grade X students in one of the public high schools in Central Jakarta. This research uses the research and development method by following the ADDIE model with the stages of analysis, design, development and implementation. Making this snakes and ladders game certainly requires a suitable platform, namely Canva. Based on the results of the product feasibility test from material experts obtained a result of 97.22% with a very feasible interpretation, from media experts obtained a result of 91.62% with a very feasible interpretation, and from the results of the product perception test by the teacher obtained a result of 93.55% with a very feasible interpretation and from the results of the product perception test to students obtained a result of 87% with a very feasible interpretation. So overall, the snakes and ladders educational game developed is declared feasible to use as an auxiliary learning media that can help teachers in the teaching and learning process in class and attract students' attention.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. I Made Astra, M. Si. 2). Dr. Firmanul Catur Wibowo, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rabiatul Lazi Diniah . |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:11 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |