MUHAMMAD FARHAN, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MATERI NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis game sebagai sarana penunjang proses pembelajaran dalam memahami materi nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Rapid Prototyping, dikemukakan oleh Tripp & Bichelmeyer yang memiliki lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan dan analisis konten, menetapkan tujuan pembelajaran, mengembangkan prototipe, memanfaatkan prototipe, serta memasang dan memelihara sistem. Hasil pengembangan berupa sebuah game edukasi berbentuk aplikasi yang bernama Garuda Muda dan dapat dimanfaatkan dengan menggunakan smartphone android. Penelitian pengembangan ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu kuesioner terbuka dan wawancara. Produk game edukasi ini telah melalui tahap expert review dengan menggunakan kuesioner terbuka yang menghasilkan masukan dan saran, kemudian menjadi acuan dalam melakukan perbaikan. Pengujian pengguna dilakukan dalam dua tahapan, yaitu one to one dan small group dengan memberikan pertanyaan melalui metode wawancara kepada para pengguna. Saran/komentar yang diperoleh menjadi acuan bagi pengembang untuk melakukan perbaikan sehingga produk dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh siswa kelas IV SD sebagai sarana penunjang dalam mempelajari materi Nilai-nilai Pancasila. ***** This development research aims to produce a game-based learning media as a supporting tool for the learning process in understanding the values of Pancasila for fouth-grade elementary school students. This development research adopts the Rapid Prototyping development model proposed by Tripp and Bichelmeyer, which consists of five stages: needs and content analysis, setting learning objectives, developing prototypes, utilizing prototypes, and installing and maintaining the system. The development outcome is an educational game application called Garuda Muda, which can be accesed via Android smartphones. This development research employs two data collection techniques: open-ended questionnaires and interviews. The educational game product has undergone an expert review stage using open-ended questionnaires, which yielded feedback and suggestions that became the basis for improvements. User testing was conducted in two stages: one-on-one and small group, by asking questions through interviews with users. The feedback/comments obtained served as a reference for developers to make improvements so that the product can be used and benefited by Grade IV elementary school students as a supporting tool in learning the values of Pancasila.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.; 2). Dr. R.A. Murti Kusuma Wirasti, S.IP., M.Si. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Muhammad Farhan . |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:58 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 08:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |