ABELINDA THAHIRAMADHAN BASRI, . (2025) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK MALAKA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover..pdf Download (551kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5 .pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Contextual Teaching and Learning merupakan salah satu model pembelajaran melalui visualisasi terhadap objek real, menjadikan peserta didik dapat dengan mudah mengklarifikasi pemahaman, meningkatkan minat, dan keterlibatan nyata. Tujuan dari peneletian ini merajuk pada peningkatakn sikap aktivitas berpikir kritis yang selaras dengan peningkatakan hasil belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mencakup dua siklus yang dimana tiap siklusnya mencakup; perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pada siklus I, didapati nilai hasil belajar rata-rata peserta didik mencapai 70,7 dengan jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 7 orang atau 46,6% dari 15 peserta didik. Untuk peningkatan aktivitas berpikir kritis didapati melalui angket dengan hasil kategori kurang meningkat dimana skor rata-ratanya ialah 48,86 atau 32% dari 31 indikator sikap berpikir kritis. Pada siklus II penelitian, didapati nilai hasil belajar rata-rata peserta didik mencapai 78,1 dengan jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 12 orang atau 80% dari 15 peserta didik. Untuk peningkatan aktivitas berpikir kritis didapati melalui angket dengan hasil kategori meningkat dimana skor rata-ratanya ialah 101,2 atau 65% dari 31 indikator sikap berpikir kritis. Dari hasil penelitian, antara siklus I dengan siklus II didapati peningkatan sebanyak 33,4% untuk nilai hasil belajar serta 54,6% untuk peningkatan aktivitas berpikir kritis peserta didik. ********** Contextual Teaching and Learning is a learning model that utilizes visualization of real objects, enabling students to easily clarify their understanding, enhance their interest, and actively engage in learning. The objective of this research is to improve students' critical thinking activity, which aligns with the enhancement of their learning outcomes. This classroom action research consists of two cycles, where each cycle includes planning, acting, observing, and reflecting. In the first cycle, the average student learning outcome reached 70.7, with 7 students (46.6%) out of 15 meeting the Minimum Competency Criteria (KKM). The improvement in critical thinking activity was assessed through a questionnaire, which resulted in a category of "less improved," with an average score of 48.86, or 32% out of 31 critical thinking indicators. In the second cycle, the average student learning outcome increased to 78.1, with 12 students (80%) out of 15 meeting the KKM. The improvement in critical thinking activity was also assessed through a questionnaire, which showed an "improved" category, with an average score of 101.2, or 65% out of 31 critical thinking indicators. Based on the research findings, there was an increase of 33.4% in learning outcomes and 54.6% in students' critical thinking activity from the first to the second cycle
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Sopiyan, M.Pd. 2). Dr. Phil. Imam Mahir, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Abelinda Thahiramadhan Basri . |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 09:20 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 09:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53265 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |